Bahaya merokok dan Tips Pintar Untuk Menghentikan

0
2246
foto:bahaya merokok
foto:bahaya merokok
foto:bahaya merokok
foto:bahaya merokok

HPC-Sebagian besar orang yang sudah merokok biasanya akan sulit jika disuruh berhenti. Meskipun Anda menyadari bahwa sesungguhnya rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, namun efek nikotin dari rokok mampu menepis ketakutan Anda dari bahaya rokok. Tidakkah Anda juga menyadari bahwa rokok bukan hanya merugikan diri Anda sendiri namun juga mengancam keselamatan orang lain di sekitar Anda saat merokok. Berikut bahaya merokok bagi tubuh manusia:

foto:poster bahaya rokok
foto:poster bahaya rokok
  1. Paru-paru

Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia yang ada pada rokok sangat berpotensi merusak sel-sel pada paru yang nantinya bisa membentuk sel kanker.

Tidak cukup sampai disitu saja, terlepas dari kanker paru kamu juga akan lebih berisiko mengalami bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

  1. Lambung

Efek negatif dari merokok juga terasa hingga ke bagian lambung. Merokok pada dasarnya dapat melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan kamu. Hal tersebut memungkinkan asam lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan.

MENARIK DIBACA:  Tega Seorang ayah di Aceh Tamiang Setubuhi Anak Kandungnya Hingga Hamil

Kondisi tersebut dinamakan dengan penyakit asam lambung. Apabila dibiarkan terus menerus dalam jangka panjang, maka kamu akan berisiko mengalami ulkus atau tukak, dan bahkan kanker lambung yang mematikan

  1. Kulit

Apakah kamu ingin tampil mempesona dan awet muda? Berhentilah merokok saat ini juga. Perokok aktif akan terlihat lebih tua dari pada mereka yang tidak merokok. Hal ini dapat terjadi karena asap rokok menghambat asupan oksigen ke dalam kulit.

Selain itu, merokok juga bisa memicu munculnya tanda penuaan dini seperti kerutan sekitar mata, munculnya flek hitam, dan bahkan beberapa penelitian membuktikan asap rokok bisa memicu kemunculan selulit.

  1. Meningkatkan stres

Selama ini mungkin kamu berfikir merokok dapat membuat pikiran menjadi rileks. Kamu menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran, padahal itu salah.

Yang membuat perokok cemas dan gelisah adalah gejala putus obat dari nikotin. Dengan merokok, kecanduan merokok terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok akan merasa rokok dapat menurunkan stres yang dia alami sebelumnya.

  1. Meningkatkan risiko diabetes
MENARIK DIBACA:  Asap Pekat Baznas Provinsi Riau Bagikan Masker ke Masyarakat

Dikutip dari Cleveland Clinic, merokok dapat mengakibatkan seseorang 30-40 persen lebih berisiko terkena diabetes melitus tipe 2 dari pada yang non perokok.

Kandungan bahan kimia dalam rokok mengakibatkan tubuh tidak mampu memecah gula menjadi energi, sehingga meningkatkan risiko penyakit kencing manis (diabetes melitus).

Itulah informasi seputar Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. Dan masih banyak lagi bahaya kesehatan tubuh manusia yang disebabkan oleh rokok,  Banyak para perokok yang pesimis kalau dirinya tidak akan pernah berhasil berhenti merokok walaupun sebenarnya ada cara cepat berhenti merokok. Oleh karena itu mindset seseorang yang mengatakan bahwa menghentikan kebiasaan merokok itu sulit perlu untuk segera dihilangkan. Bagaimana cara dan tips bagi anda yang sudah sangat ingin sekali menghentikan kebiasaan rokok anda selama ini?

MENARIK DIBACA:  Kualitas Mutu Pelayanan RSUD Zubir Mahmud Makin Meningkat

Tips berhenti merokok:

  1. rasa keyakinan diri
  2. Belajar membenci rokok
    3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok
    4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
    5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
    6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
    7. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
    8. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
    9. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
    10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
    11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
    12. Coba dan coba lagi jika masih gagal.

    Cobalah dari sekarang Semoga informasi tentang Bahaya Rokok dan tips untuk berhenti merokok diatas bisa memeberikan kita pencerahan dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak bahaya rokok. (rin)