Citra Aries Wakil Kepala SMAN 4 Pekanbaru,  Berharap Siswa-siswi Memahami Sejarah Permuseuman

0
48

PEKANBARU(HPC) – Acara sosialisasi Museum Masuk Sekolah Tingkat SLTA se-kota Pekanbaru yang ditaja oleh UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau berjalan dengan hikmat diruangan aula SMPN 4 Pekanbaru yang dihadiri oleh Wakil kepala sekolah beserta guru dan ratusan siswa-siswi SMAN 4 Pekanbaru.

Didalam sosialisasi Museum Masuk Sekolah diaula SMAN 4 Pekanbaru, Selasa(19/11/2019), dimana Hendrizal selaku pembimbing Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau memberikan uraian dan penjelasan tentang sejarah Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau serta menjelaskan koleksi museum kepada ratusan siswa.

Selain pihak UPT Museum Sang Nila Utama dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau memberikan uraian, juga hadir ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Riau serta guru sejarah SMAN 4 Pekanbaru yang memberikan penjelasan tentang sejarah dan budaya Indonesia kepada siswa.

MENARIK DIBACA:  Asisten III Sambut Tim Akreditasi Dari Kemenkes

Citra Aries mewakili kepala sekolah usai acara mengatakan, Kita memberikan apresisasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang telah memberikan kesempatan bertatap muka dengan guru dan siswa SMAN 4 Pekanbaru dalam rangka acara Museum Masuk Sekolah. Tentunya dengan sosialisasi ini, pihak siswa dapat memahami apa itu museum serta koleksinya. Sejauh ini, siswa-siswi hanya melihat dan mendengar saja tentang Museum,” ungkap Citra Aries

Kita berharap siswa dapat mengamati, memahami ilmu yang diberikan oleh nara sumber tentang ilmu pengetahuan Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Sejarah Museum dan kekayaan nilai-nilai budaya daerah siswa harus memahaminya serta mengetahui. Kedepan sekolah kita akan membuat program khusus untuk melakukan kunjungan kemuseum Sang Nila Utama Provinsi Riau yang sebelumnya pernah kita lakukan.

MENARIK DIBACA:  Kisah Turunnya Al Qur'an (Nuzulul Qur'an)

Salah satu siswa SMAN 4 Pekanbaru, Gusti Bayu Pratama kelas XI IPS III mengatakan, keberadaan Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau kita tahu, tapi kita belum pernah kunjungan kemuseum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Dengan sosialisasi Museum Masuk Sekolah ini, dapat perhatian menambah pengetahuan kita tentang sejarah museum.

PPTK Museum Masuk Sekolah, Edi Yulisman menambahkan, Kita dari panitia Sosialisasi Museum Masuk Sekolah Tingkat SLTA se-kota Pekanbaru disambut baik oleh pihak SMAN 4 Pekanbaru. Tentunya dengan sosialisasi Museum Masuk Sekolah Tingkat SLTA se-kota Pekanbaru pihak siswa-siswi beserta guru dapat memahami tentang sejarah Museum.

Adapun tujuan sosialisasi Museum Masuk Sekolah Ini adalah untuk memberikan pemahaman, pengetahuan serta mengajak siswa-siswi beserta guru untuk dapat melihat secara langsung koleksi-koleksi yang ada di Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Disamping itu, kita juga memberikan penjelasan tentang sejarah dan budaya daerah melalui nara sumber kita agar siswa lebih mengenal dan mencintai warisan budaya yang ada dimuseum maupun diluar museum,” ungkap Edi Yulisman . (Yusuf)

MENARIK DIBACA:  Pimpinan YAZID Asy'ari Muhammad Yusuf Silaturahmi di Kantor LAZISMU Kota Pekanbaru