214 Peserta ikuti Webinar Nasional Literasi Digital

0
66
  • (HALUANPOS.COM) – Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Menyelenggarakan Webinar Nasional Literasi Digital, Senin 25 Oktober 2021 di Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung dengan mengambil tema : “Dakwah Agama di Dunia Maya”.

    Dalam pembukaan kegiatan Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa “Literasi Digital merupakan kerja besar, dukungan dari semua komponen bangsa sangat dibutuhkan.” Ungkap Jokowi.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom, Pimpinan Fullday Daarul Quran Dr.Mahfud Fauzi,M.Pd, Khoirul Abror, M.Pd.i (Guru Pendidikan Agama Islam), Mustajab Mujahidin Mustaqim, S.Kom (Kepala Sekolah MA Maarif 17 Terbanggi Besar) dan Key opinion Leader Nelly Nelly Carey (Vokalist dan influencer) Dan sebagai keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung I.r H Arinal Djunaidi, Public Figure, Singer dan Host Putri Bilanova. Diikuti kurang lebih 214 Peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan manfaat Internet dalam segi komunikasi, Resource Sharing, Shearching, Media Promosi, Media Transaksi jual beli.

Zakiyuddin menambahkan bahwa Browsing/Surfing adalah Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.

“Selain itu ada Email (Electronic Mail) adalah Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.” Ungkap Zaki.

Zaki menegaskan bahwa INTER RELAY CHAT (Chatting) adalah Fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.

Beberapa istilah yang sering dijumpai dalam internet sebagai berikut:
WWW atau lebih sering disebut world wide web artinya adalah jaringan informasi dunia.

“Situs web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran untuk dapat menjadi pelanggan. Misalnya situs-situs yang menampilakan berita dan juga layanan surat elektronik E-mail.” Jelas Zaki.

“Halaman web adalah sekelompok data yang tampil di world wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya. Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hyper Text mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.” Tambah Zaki.

Sering disebut sebagai halaman induk atau sampul halaman atau halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web. Biasa digunakan orang untuk mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya.

“Browser dalam bahasa indonesia sering disebut penjelajah, merupakan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi WWW (World Wide Web).” Pungkas Zaki.