Dari 42 Peserta UKW PWI Riau Angkatan XV hanya 37 Orang yang Dinyatakan Berkompeten

0
197

SIAK (HALUANPOS.COM) – Angkatan XV Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau yang diadakan di Hotel Grand Mempura Kabupaten Siak telah berakhir. Dari total peserta sebanyak 42 peserta hanya 5 peserta yang dinyatakan tidak kompeten atau tidak lulus UKW.

Hal ini disampaikan Ramon Damora selaku utusan dari PWI Pusat saat menutup acara UKW angkatan ke XV.

“Disini saya umumkan dari hasil penilaian dewan penguji, kami meluluskan 37 dari 42 peserta yang tidak lulus, artinya ada 5 peserta yang tidak kami luluskan,” ujarnya, Siak (8/4/2021).

UKW tersebut diselenggarakan sebanyak Dua angkatan, yakni Angkatan XV dan XVI. Masing-masing angkatan diberikan waktu sebanyak Dua hari yang diikuti 42 peserta setiap angkatannya, dimulai tanggal 7 hingga 10 April 2021.

MENARIK DIBACA:  Acara Silaturahmi Akbar Grup FB Yong Dolah Ke-6, Akan Dibanjiri Seniman, Artis Riau dan Artis Malaysia Di Kota Siak

Salah satu peserta UKW angkatan XV, Musaher (Wartawan Cakaplah.com), mengatakan bahwa selama ujian berlangsung, banyak sekali ilmu yang dapat diambil dari materi yang dipaparkan dewan penguji.

“Pokoknya “Daging” semua, di UKW ini kami bisa mengukur kemampuan jurnalistik kami sampai ditingkat mana, terkadang wartawan yang sudah lama “berkecimpung” di dunia Pers juga belum tentu bisa langsung lulus UKW, sebab secara aturan perundang-undangan dan cara menulis berita masih banyak yang menyalahi aturan,” ujar Wartawan dari PWI Inhu ini.

Ia juga berharap agar selalu diadakan uji kompetensi untuk para wartawan kedepanya, agar wartawan di Indonesia khususnya di Riau bisa profesional seperti seharusnya.(her/wan)

MENARIK DIBACA:  Buka Sosialisasi SIPP Online, Jamaluddin "kedepannya seluruh pelayan akan dilakukan via Online"