Inspirasi Kota Warna Warni di Kepulauan Meranti, Bagaimana menurut saudara?

0
104

Haluanpos (HPC) – Berbicara keindahan hasil karya manusia tidak akan ada habisnya, imajinasi yang bersatu dengan inovasi menghasilkan nilai estetika seni  dimensi ruang dan bentuk yang dinikmati oleh panca indra manusia. Keindahan yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang keramaian baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu hasil keindahan yang unik dan tidak semua bisa kita temukan adalah keindahan kota warna warni dibeberapa Negara. Seni keindahan yang dipoles dengan corak warna yang berbeda di perumahan padat penduduk  berada ditengah kota. Kelihatan lebih menarik tata ruang bangunan yang yang padat dijadikan sebagai kota warna warni dibeberapa Negara.

Sebelum melirik pemandangan kota warna-warni dibebarapa Negara, ternyata di Indonesia sudah ada  kota yang  mengukir keindahan seni warna warni diperumahan penduduk seperti di kampong warna warni kota malang dan rumah warna warni ditepian jembatan Gondolayu Jogjakarta.

Berikut potret kota warna warni dibeberapa Negara termasuk Indonesia:

Cinque Terre, Italia

Cinque Terre, Italia

Menjadi bagian dari pantai Riviere, Cinque Terre terdiri dari lima kampung besar, yaitu Monterossoal Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Jauh dari kesan kumuh, kampung-kampung yang sebenarnya masuk dalam kawasan taman nasional ini tampak begitu menawan dengan hiasan pantai dan bukit-bukit yang ada di sekitarnya. Tak heran jika UNESCO telah menetapkan kampung ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

Kampung Jodipan, Malang Jawa timur

Kampung Jodipan, Malang

Berlokasi di Kecamatan Blimbing, kampung Jodipan awalnya hanyalah kampung kumuh yang letaknya berada di pinggiran Sungai Brantas. Atas inisiasi mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang, kampung ini kemudian disulap menjadi warna-warni dan dicat dengan tema yang unik. Jodipan bukan lagi kampung kumuh, kampung ini telah berubah wujud menjadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi para pelancong yang datang ke kota Malang.

Kampung Code, Yogyakarta

Kampung Code, Yogyakarta

Konsep Rumah Warna Warni ini sebenarnya program perusahaan rokok Sampurna Mild untuk mengenalkan produk barunya. Masyarakat Kampung Code pun menyambutnya dengan gembira karena proyek ini akan membuat kampungnya terlihat lebih menarik dan akan banyak dikunjungi wisatawan. Selain dilakukan pengecatan pada seluruh sisi bangunan rumah, dipasang pula beberapa lampu penerangan agar rumah warna warni terlihat jelas pada malam hari.

Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture VillageDesa yang dikenal dengan nama Gamcheon Culture Village ini, dulunya merupakan pemukiman para pengungsi pada zaman perang. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah Korea Selatan menyulap desa kumuh ini menjadi sedemikian cantik seperti sekarang. Semua bangunan di Gamcheon Culture Village dicat beraneka warna dan sebagian ada yang ditambahkan lukisan ataupun patung. Hal ini tentunya menarik perhatian para pelancong dan fotografer.

Keindahan kota warna warni diatas bisa dijadikan insipirasi jika kita terapkan di Kabupaten Kepulauan Meranti yang memiliki banyak bangunan ruko ditengah perkotaan Selatpanjang, Kepulauan Meranti. Program pemerintah saat ini sedang gencarnya mempromosikan kearifan lokal untuk dijadikan wisata Riau menyapa dunia, tidak menutup kemungkinan untuk menambah daya tarik wisatawan kota Selatpanjang dijadikan sebagai kota warna warni, selain keindahan daya tarik wisata alam, kebudayaan, permainan tradisional dan sebagainya. Bagaimana menurut pendapat anda? (mf)

Sumber: jalansanasini.com, jeepbromo.com, lifestyle.liputan6.com