LAM Riau Rohil, Bentuk Panitia Persiapan Rapat Kerja LAM Rohil 2020 Mendatang

0
161

Bagansiapiapi – (HPC) Lembaga Adat Melayu riau (LAM) Kabupaten Rokan Hilir Menggalar Rapat Koordinasi Tentang Persiapan Rapat Kerja LAM Rohil Tahun 2020 Mendatang.

Rapat tersebut Dilaksanakan Dikantor LAM Rohil Dikawasan batu Enam Bagansiapiapi, Jumad 27/12 2019. Hadir Dalam Rapat tersebut Ketua Umum Dewan Kehormatan Adat LAM Rohil Datuk Sri H Surya arfan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau kabupaten Rohil, Datuk Sri Amanah Maysarakat Adat LAM Rohil Datuk Sri H. Rasyid Abizar, pengurusan LAM dewan kehormatan adat Rohil, majelis kerabatan adat, dan dewan pengurus harian lembaga adat kawasan kecamatan, dan perwakilan pengurus LAM sinaboi dan bangko.

Ketua Harian LAM Rohil Datuk Sri H.Rasyid Abizar Mengatakan Rapat Kecil tersebut menentukan Panitia pengurus Harian dan rapat pengurus Majelis kerapatan Adat LAM riau, Pelaksanaan rapat kerja daerah LAM Rohil direncakan bulan februari atau maret, Hasil Dari Rapat tersebut nanti
akan dituangkan didalam buku program kerja dan kegiatan lain nya kata Rasyid.

MENARIK DIBACA:  Khairuddin Al-Young Riau: Hidupkan PB. Forkom PM-TR Reformasi Provinsi Riau Kembali

“Kita mengharapkan Nanti Pada Rakor LAM Rohil Ditahun 2020, bagai mana Pengurus LAM propinsi Riau bisa Hadir untuk menyampaikan, memperkenalkan istilah adat, menjelaskan tentang adat istiadat, terutama masalah kriteria melayu, adat yang sebenar adat, adat yang diadatkan, dan adat yang teradat” kata Datuk Sri H.Rasyid Abizar.

Rasyid Menjelaskan nanti nya guna Diangkat nilai nilai luhur budaya melayu, selama ini mulai terhimbas dengan zaman teknologi yang mulai terkikis dengan budaya asing yang disebut dengan moderenisasi zaman saat ini.

“Jadi budaya wasir nanti kita tangkis dengan budaya melayu, kita giatkan dengan budaya melayu dilapangan untuk masa datang untuk mengenal lagi, apa itu adat melayu khusus nya adat melayu dibumi rokan hilir” Jelas Datuk Rasyid.

MENARIK DIBACA:  ranjau paku bertebaran meresahkan pengguna jalan

Pada Intinya Kata Rasyid Melalui Rapat hari ini Hasil dari pokok pikiran berbagai pengurus nanti akan dikumpulkan dalam rancangan kegiatan rapat kerja daerah LAM rohil nanti ungkap nya.

Sementara itu ketua Harian LAM Kawasan Bangko Mustapa. S.Pd.I Mengatakan Dalam Rapat tadi juga Membahas Persiapan Lomba seni silat pengantin akan dilaksanakan di pertengan Januari, dan bulan februari didakan pelatihan tentang adat istiadat melayu, bagai mana berpakaian melayu, bagaimana bersopan santun menghadapi orang yang lebih tua, orang yang mempunyai kekuasaan atau pejabat, dan bagaimana adat berumah tangga kata nya.

Kemudian lanjut Mustapa Juga akan digelar pelatihan untuk antaran belanja dan pernikahan adat melayu riau dikawasan bangko dan pekaitan ungkap Mustafa. Jul

MENARIK DIBACA:  Maju sebagai Bupati Meranti, H. Falzan Surahman siap Mewakafkan dirinya Bangun Kampong