Menjelang Idul Adha, BKPRMI dan DMDI Semprot Distibfektan di Tiga Masjid

0
55

PEKANBARU (HPC) – Menjelang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 Hijiriya, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Riau melakukan penyemprotan disinfektan di tiga masjid di Kota Pekanbaru pada, Ahad (26/7/2020).

Ketiga masjid itu adalah, Masjid Nurul Amal Jalan Sri Palas, Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai, Masjid Ikhlas Beramal di kompleks
Kemenag Kota Pekanbaru, Jalan Rambutan dan Masjid Ar-Ruhama, Jalan Hang Tuah, Kelurahan Sialang sakti Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru.

Kedua organisasi masyarakat (Ormas) Islam ini sudah membuat program khusus, yakni Gerakan Bersih-Bersih Masjid, tidak hanya mengerahkan timnya untuk membersihkan masjid agar aman dan nyaman saat digunakan oleh jamaahnya untuk melakukan ibadah.

Tim juga membawa bantuan berupa, cairan pembersih, yakni sabun cuci tangan, pembersih lantai dan juga cairan disinfektan. Semua produk itu merupakan olahan dari pohon serai wangi yang diproduksi oleh Mesra Oil DMDI Riau.

MENARIK DIBACA:  ASN Diawasi, Tim Saber Pungli Kota Pekanbaru Dibentuk

‘’Ini merupakan kegiatan rutin kami bersama DMDI Riau. Namun menjelang Idul Adha ini kami menargetkan ada 20 masjid yang akan kami semprot disinfektan. Hari ini (kemarin) kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan di 3 masjid dan sebelumnya di Pondok Pesantren Ashabul Kahfi, Rumbai,’’’ ujar Ketua Ketua Harian BKPRMI Riau Abu Kasim usai menggelar penyemprotan disinfektan di Masjid Ar Ruhama, Jalan Hang Tuah ujung, Pekanbaru, Ahad (26/7/2020).

Ia bersama Ketua Umum DMDI Riau Datuk Ir Ajis dan anggota DMDI Riau H Zulkarnain, H Pujianto, HM Yunus serta pengurus lainnya, bergerak menuju Masjid Nurul Amal sejak pagi. Di sana tim selain menyemprotkan cairan disinfektan, juga ikut bersih-bersih masjid dan juga dari DMDI Riau menyerahkan bantuan cairan pembersih lantai dan juga cairan cuci tangan.

MENARIK DIBACA:  Ginda Burnama, Tidak Ada Aturan yang Kami Langgar Dalam Pengesahan Revisi RPJMD

‘’Kita ketahui saat ini badai virus corona belum berlalu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi dampak virus corona kepada jamaah dan umat Islam yang akan melaksanakan kegiatan salat Idul Adha yang akan berlangsung Jumat,’’ ujarnya.

Sedangkan Ketua Umum DMDI Riau, Datuk Ir Ajis juga menyebutkan, kegiatan bersih-bersih masjid ini akan dilakukan sejalan dengan BKPRMI Riau dan juga Satgas Covid-19 DPW BKPRMI Riau. Pihaknya juga sudah menyediakan cairan pembersih lantai, sabun pencuci tangan dan pengharus ruangan.

‘’Produk itu, semua kami buat sendiri melalui Koperasi Mesra Oil DMDI Riau. Tentu ini merupakan upaya kami dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Riau. Kami mengharapkan masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan,’’ ujarnya.
Ajis mengatakan, DMDI dan BKPRMI Riau sudah membuat program bersama, khususnya program bersih-bersih masjid dan kegiatan ini sangat ditunggu masyarakat, khususnya umat Islam yang akan melaksanakan Salat Idul Adha.

MENARIK DIBACA:  Ali Bastoni Pimpin FORUM ZAKAT RIAU Periode 2019 - 2022

‘’Kami akan terus jalan, baik setelah pandemi corona ini berlalu maupun masih berlangsung. Karena kita mendorong gerasi muda untuk tetap dekat dengan masjid dan remaja-pemuda menjadi tonggak lama memajukan dan memakmurkan masjid,’’ harapnya.(rls)