MERANTI( HPC) – Ratusan kaum muslimin Kabupaten Kepulauan Meranti yang tergabung dalam kegiatan Tarhib Ramadhan berpawai menyambut Ramadhan 1439 H/2018 M dan menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk saudara muslim Palestina, serta mengingatkan masyarakat arti penting bulan suci Ramadhan, bertempat dititik pelepasan Peserta pawai yaitu Masjid Agung Darul Ulum jalan Siak Kec. Tebing Tinggi Kabupaten Meranti Sabtu 12-5-2018.

Dalam kegiatan yang ditaja oleh Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM) serta bekerjasama dengan Remaja, Pemuda Mesjid Agung dan Rumah Zakat ini selain pawai para Peserta Tarhib Ramadhan dan Aksi solidaritas untuk saudara muslim Palestina, juga menggelar berbagai kegiatan seperti Karantina Daurah Tahfidz Al Quran dan Sunat Massal.

Peserta Tarhib Ramadhan tersebut berjalan di sepanjang jalan utama Kota Selatpanjang sambil berorasi menyerukan untuk bersiap-siap menyambut Ramadhan dan teriakan kemerdekaan atas Negara Palestina sambil mengumpulkan sumbangan dari warga.

“Kami mengajak mari kita tingkatkan toleransi umat beragama dengan tidak mengadakan kegiatan yang mengganggu kekhusyuan berpuasa dan ibadah lainnya,” kata Kordinator aksi, Dasuki Choki SH,

Tidak hanya itu massa yang terdiri dari perwakilan sekolah, Ormas, dan jema’ah mesjid yang ada di kota Selatpanjang ini berkeliling Kota Selatpanjang sembari membawa aneka spanduk, bendera kalimat tauhid, bendera Indonesia dan bendera Palestina, merupakan aksi protes terhadap Amerika Serikat yang memutuskan untuk memindahkan Kedubes AS untuk Israel ke Al Quds. Pemindahan itu diiringi dengan pengakuan Al Quds sebagai Ibu Kota Israel.

“Selain itu kami juga mengajak kaum muslimin untuk peduli dengan saudara seiman kita yang berada di Palestina, dimana mereka berada dibawah tekanan zionis Israel, untuk itu mari kita berdoa agar musuh Allah itu dihancurkan,” Ujarnya lagi, seraya menyuarakan kalimat takbir oleh massa aksi.

Dalam kegiatan Aksi yang berjalan tertib dan aman dari pengawalan pihak Polres Kepulauan Meranti itu, diungkapkan Koordinator aksi mengatakan penggalangan dana itu dilakukan massa sebagai bentuk kepedulian umat muslim di Kepulauan Meranti terhadap tekanan ekonomi akibat isolasi Israel yang saat ini masih dialami oleh rakyat Palestina.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias dalam memberikan sumbangsih nya. Mulai dari pemilik toko sampai kepada tukang becak. Dari penggalangan dana ini total uang yang terkumpul sebanyak Rp 10.607.950 dan akan kami kirim langsung ke rekening Sahabat Al Aqhsa Yayasan,” kata Dasuki.

Dikesempatan yang sama Ketua Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM), Ustadz H Ahmad Fauzi SAg mengatakan Karantina Daurah Tahfidz Al Quran dan Sunat Massal juga dilaksanakan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Daurah Tahfidz Al Quran digelar untuk menuju 1000 penghafal Al Quran Dari Kabupaten Kepulauan Meranti, para santri sebanyak 40 orang di Asramakan di Kompleks Mesjid Agung Darul Ulum selama 2 minggu, mereka akan menghafal ayat Al Quran yang didampingi hafidz dan hafidzah,” kata Fauzi.

Terakhir Ketua Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM) mengatakan, Selain menggelar Daurah Tahfidz, kita juga mengadakan sunnat massal bagi kaum Duafa dan Muallaf.

“Alhamdulillah pesertanya sangat antusias, sebanyak 87 anak berhasil di khitan. Kegiatan ini semua merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan dalam menyambut Ramadhan,” tutupnya. (Drm)