Pengabdian Kepelosok Negeri, AMM Meranti Bersama Indonesian Youth Icon Jadikan Pedalaman Nerlang Daerah Binaan

0
64

MERANTI,(HALUANOOS.COM)-Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Indonesian Youth Icon (IYI) Angkatan V melakukan pembinaan terhadap daerah pedalaman melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat selama 1 bulan di Pedalaman Nerlang Desa Sungai Tohor Barat, KecamatanTebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, pada minggu (24/01/2021).

Dalam kegiatan pengabdian tersebut diikuti oleh perwakilan AMM dan IYI yang terdiri dari perwakilan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kep. Meranti, PD. Nasyiatul Aisyiyah Kep. Meranti, PC IMM Kab. Kep. Meranti, PD. IPM Kep. Meranti, Tapak Suci dan Hizbul Wathon Kabupaten Kepulauan Meranti, sedangkan dari Indonesian Youth Icon diikuti langsung oleh Presiden IYI, Hanisyah Fitri.

Selain itu tampak hadir dalam kegiatan pengabdian tersebut Bendahara Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kab. Kep. Meranti Muslim didampingi Nurul Izzah Kabid Organisasi PD. Nasyiatul Aisyiyah Kep. Meranti dan Fazlurrahman selaku Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kec. Tebing Tinggi Timur beserta Kepala Desa Sungai Tohor Barat, Ardiansor bersama perangkat desanya.

Menurut Presiden Indonesian Youth Icon (IYI) Angkatan V, Hanisyah Fitri menuturkan pengabdian berbentuk pembinaan daerah terisolir dilakukan melalui berbagai program yang dipandang mampu menyentuh kepada peningkatan aspek pendidikan, ekonomi kerakyatan, sosial, budaya serta aspek kehidupan lainnya, dengan maksud agar warga Pedalaman Nerlang mendapatkan manfaat terhadap kehadiran Indonesian Youth Icon dan AMM Meranti sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemudaan (OKP) dalam rangka berupaya melakukan perubahan berkemajuan didaerah-daerah terisolir yang ada diwilayah NKRI terkhusus Pedalaman Nerlang.

MENARIK DIBACA:  SD Negeri 16 Banglas Barat Laksanakan Sosialisasi

Senada itu, Ketua Bidang KOKAM dan SAR PDPM Kep. Meranti, Rahmat Nusantara mengungkapkan kegiatan pengabdian didaerah pedalaman Nerlang dilaksanakan selama 1 bulan sebagai wujud kepedulian dan keseriusan Angkatan Muda Muhammadiyah (PM, NA, IMM, IPM, TS dan HW) Kabupaten Kepulauan Meranti dan Indonesian Youth Icon dalam melakukan pembinaan dan pengabdian kepelosok negeri.

“Adapun tema dari kegiatan pengabdian serta pembinaan daerah Pedalaman Nerlang tersebut yakni “Pengabdian Kepelosok Negeri, Untuk Indonesia Berkemajuan”. Kegiatan pembinaan tersebut dapat nantinya memberikan manfaat serta kontribusi yang positif dalam melakukan transformasi demi kemajuan masyarakat pedalaman nerlang dimasa sekarang maupun dimasa akan datang”, ujar aktivis Pemuda Muhammadiyah yang akrab disapa Rahmat.

MENARIK DIBACA:  Pasangan Selfi Silaturahmi ke Kantor KPU Kabupaten Meranti, siap Bertarung di Pilkada 2020

Selain itu, Sekretaris Bidang KOKAM dan SAR PDPM Kep. Meranti M. Hafizan mengatakan harapan besar yang harus dicapai dari kegiatan pembinaan daerah pedalaman nerlang ialah memicu sprit anak-anak yang tidak bersekolah maupun masyarakat pedalaman akan pentingnya menuntut ilmu. Salah satu dari kegiatan pembinaan tersebut yakni aspek pendidikan, nanti para relawan akan melakukan proses belajar mengajar kepada masyarakat pedalaman nerlang sesuai silabus yang sudah ditetapkan.

“Harapan dari kegiatan pengabdian tersebut dapat menciptakan generasi Pedalaman Nerlang yang bisa menulis maupun membaca demi terciptanya Nerlang Berkemajuan. Kegiatan ini akan berlanjut secara berkontinu dan kami juga mengajak para pemuda-pemudi serta para aktivis kemanusiaan yang ada di dalam maupun diluar di Kab. Kep. Meranti, yang ingin bersama-sama dalam melakukan pembinaan di daerah Pedalaman Nerlang sangat diharapkan dan dibutuhkan untuk kegiatan pembinaan daerah terisolir tersebut baik berbentuk moril, tenaga maupun materil, ujar Hafizan.

Dikesempatan lain, Wakil Ketua PDPM Kepulauan Meranti yang pada saat ini menjabat sebagai Bendahara BAZNAS Kab. Kep. Meranti, Rokimin memberikan apresiasi yang luar biasa dari kegiatan pengabdian kepelosok Nerlang oleh AMM Meranti berserta Indonesian Youth Icon tersebut.

MENARIK DIBACA:  Pekerja Sosial PKH Meranti Keluhkan Biaya Transportasi Baru Dibayarkan 4 Bulan

“Kegiatan pembinaan berbentuk pengabdian kemasyarakat Pedalaman Nerlang dapat memicu sprit kepemudaan lainnya dalam mengukuhkan solidaritas, menebar kebaikan, serta mencerahkan semesta menuju Meranti berkemajuan, ujar Rokimin

Dikesempatan yang sama ketika menerima para relawan, Kepala Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Ardiansor mengatakan pihaknya menyampaikan rasa terima kasih serta memberikan apresiasi terhadap AMM Meranti dan IYI yang telah bersedia mengorbankan waktu, tenaga, moril maupun materil dalam melaksanakan pengabdian dan pembinaan kepada masyarakat yang pada saat ini sudah berjumlah 56 Kepala Keluarga (KK) di Pedalaman Nerlang Desa Sungai Tohor Barat Kec. Tebing Tinggi Timur.

“Kegiatan pengabdian tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Pedalaman Nerlang terkhusus aspek pendidikan karena warga pedalaman nerlang mayoritas saat ini belum bisa membaca dan menulis, mereka masih buta huruf. Semoga dengan kehadiran para relawan AMM Meranti dan IYI dapat memberikan pencerahan berkemajuan bagi masyarakat Pedalaman Nerlang, Ungkapnya.