Perekaman KIA di SDN 10 Rantau Utara,Disduk Capil Labuhanbatu Turun Kelapangan

0
31

LABUHANBATU (HPC)-SDN 10 rantau utara Selasa (15/10/2019), melaksanakan perekaman dan pemotoan Kartu Identitas Anak (KIA) Disduk Capil turun langsung ke lapangan.

Pemberian KIA ini, merupakan bagian dari pemberian hak-hak warga masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan / catatan sipil.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Labuhanbatu, Maznil Khairil SE MPd melalui Kabid Pelayanan Pendaftran Penduduk, Sahnan Siahaan SH MM, kepada wartawan menyampaikan, KIA adalah dokumen kependudukan khusus untuk usia 1 tahun s/d dibawah 17 tahun. Dengan catatan bagi mereka yang belum berusia 5 tahun, foto KIA tidak muncul.

“Kita sudah sosialisasikan tentang KIA yang tujuannya menjamin hak-hak bagi yang belum berusia 17 tahun. Kegunaannya sebagai identitis diri saat bepergian,” ujar Sahnan.

MENARIK DIBACA:  Ketua TP.PKK Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam

Selain itu kedepan, katanya, kita akan melakukan MOU dengan tempat permainan anak. Agar bagi anak yang telah memiliki KIA, untuk mendapat diskon, seperti yang telah di terapkan di beberapa daerah lain.

Untuk mempercepat pelayanan, lanjutnya, Disdukcapil melakukan jemput bola melakukan perekaman dan pemotretan langsung kesekolah TK, SD, MIN SMP, MTS negeri dan swasta, se Labuhanbatu secara bergiliran.

Dalam kesempatan ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk pro aktip pembuatan dokumen KIA. Dengan membawa syarat-syarat foto copy Kartu Keluarga dan akte kelaharin serta pas foto ukuran 3 X 4 sebanyak 1 lembar. Pengurusan KIA ini bisa langsung datang ke kantor Disdukcapil setiap hari kerja.

Sementara, Kepala Sekolah SD Negeri 10 Rantau Utara, Nurimah Ritonga, SPd MM menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Disdukcapil, yang telah mengunjungi sekolah kami. Dengan kehadiran memudahkan peserta didik kami dalam memperoleh KIA.

MENARIK DIBACA:  KPK Gelar Monev Ke Pemkab Labuhanbatu

“Terima kasih juga kami sampaikan, peserta didik kami dipilih menerima KIA secara simbolis dari Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte, ST MT pada perayaan HUT ke-74 Pemkab Labuhanbatu tahun 2019, yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan,” kata Kepsek SD Negeri 10 Rantau Utara. (sul)