Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau

0
94

PEKANBARU (HALUANPOS.COM) – Sambut Mudik 2024 PT PLN (Persero) menambah lima lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi di Provinsi Riau, tepatnya di Rest Area Km 45 Tol Pekanbaru-Dumai, Rest Area Km 65 Tol Dumai-Pekanbaru, Rest Area Km 36 A Pekanbaru-Bangkinang, Rest Area Km 36 B Tol Bangkinang-Pekanbaru dan di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan Taluk Kuantan pada Sabtu (06/04).

General Manager PLN UIDRKR, Parulian Noviandri menyampaikan, Menyambut lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN telah menyiagakan SPKLU di berbagai titik strategis. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa pengguna kendaraan listrik dapat melakukan perjalanan mereka dengan lancar tanpa khawatir mengenai ketersediaan tempat pengisian daya.

MENARIK DIBACA:  Camat Bukitraya Buka Khitanan Massal PC Lembaga Dakwah Indonesia

“Sebelumnya jumlah SPKLU yang ada di Riau berjumlah 8 unit namun dengan adanya penambahan sebanyak 5 unit maka jumlah SPKLU kini bertambah menjadi 13 unit. Penambahan SPKLU ini berada di rute utama yang biasa dilalui pemudik, termasuk jalur-jalur antarkota yang menghubungkan berbagai provinsi. Selain di Kantor PLN, SPKLU disiagakan di Rest Area tol sehingga memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk mengisi daya selama perjalanan,” ujar Parulian.

PLN, kata Parulian, selain menambahkan jumlah SPKLU yang beroperasi dilokasi strategis, PLN juga menyiagakan personel siaga dengan peralatan lengkap di SPKLU tersebut selama periode siaga mulai tanggal 03 April 2024 sampai dengan 19 April 2024.

“Langkah-langkah ini diharapkan tidak hanya akan memudahkan perjalanan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, tapi juga mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke kendaraan listrik sebagai upaya mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlanjutan lingkungan,” kata Parulian.

MENARIK DIBACA:  DPD Lira Pekanbaru Audiensi Dengan LAM Riau Kota Pekanbaru

Parulian menghimbau agar pengguna kendaraan listrik melakukan update Aplikasi PLN Mobile pada versi terbaru. Hal ini dikarenakan pada PLN Mobile telah terdapat fitur baru bernama Trip Planner. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna merencanakan perjalanan mereka dengan kendaraan listrik, khususnya dalam menemukan lokasi SPKLU terdekat dan mengoptimalkan rute perjalanan berdasarkan kebutuhan pengisian daya.

“Aplikasi PLN Mobile didesain untuk memberikan kemudahan dan dukungan kepada pengguna mobil listrik. beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh PLN Mobile kepada pengguna mobil listrik antara lain informasi lokasi SPKLU, detail SPKLU, trip planner, informasi tarif, monitoring pengisian, dukungan pelanggan, transaksi dan pembayaran pengisian daya secara digitial,” pungkasnya. Rls

MENARIK DIBACA:  Ketua Umum FKPMR, Dr. drh. H. Chadir, MM ; Himbau Para Pejabat dan Pemimpin di Riau Menjunjung Nilai-nilai Budaya Melayu