Tanjung Pulambai Diusulkan Satu Desa

0
126

KAMPAR (HALUANPOS.COM) – Berada di satu Pulau yang dilingkari oleh Sungai Kampar, Dusun V Tanjung Pulau Tinggi Desa Alam Panjang sangat layak bergabung dengan saudaranya Dusun I Desa Pulau Rambai.

Hal tersebut ternyata sudah sangat lama didam-idamkan kedua masyarakat berbeda desa dan kecamatan ini.
Hal itu kembali terungkap saat digelar Safari Ramadan Dunsanak Tanjung Pulambai dari luar Kampung, Sabtu malam (24/4) di Masjid Taqwa Tanjung Pulau Tinggi.

‘’Sebab secara histori, Dusun Tanjung ini lebih dekat dengan Pulau Rambai, yang mana kita disatukan oleh Pulau dan banyak lagi yang melatarbelakangi kedua dusun ini layak menjadi satu desa, dan keinginan ini sebenarnya sudah lama,’’ sebut Udo Amik, tokoh masyarakat Tanjung dalam keterangannya secara panjang lebar.

MENARIK DIBACA:  Tokoh Muda Desa Kualu ini Jalin Silaturahmi bersama Wakil Ketua DPRD Kampar

Bahkan, secara kemasyarakatan kekeluargaan, warga Pulau Rambai dan Tanjung banyak silsilah keluarga yang terdiri dari datuk datuk dan nenek terdahulu, mereka saling ada hubungan kekeluargaan, praktis kedua dusun ini hanya dipisahkan oleh administrasi pemerintahan saja.

Hal tersebut tak pelak disambut antusias berbagai tokoh masyarakat Tanjung Pulambai yang hadir malam itu, baik dari luar maupun dari dalam masyarakat sendiri , agar secepatnya dilakukan langkah-langka insensif agar rencana ini cepat terwujud.

‘’Ini sudah lama menjadi keinginan kita bersama dan bincang-bincang dunsanak Tanjung dan pulambai di Pekanbaru. Salah satu tujuan kita membentuk forum ini, yakni bagaimana percepatan pembentukan satu desa di pulau kita ini bisa terwujud,’’ ujar salah seorang inisiator Dunsanak Tanjung Pulambai di Pekanbaru, H Suhardi Hasan MA.

MENARIK DIBACA:  Pelaku "Duel Maut", Berhasil Diringkus Polsek Tapung Dalam Waktu 2 Jam Usai Kejadian

Dikatakan Suhardi, banyak potensi yang dapat dilakukan dan digali dari kedua daearah ini, apalagi sekarang dengan sudah adanya jembatan penghubung membuat transportasi lancar.

‘’Sekarang tinggal lagi bagaimana komunikasi dan silaturrahmi selalu kita lakukan, baik kami yang tinggal diluar maupun dunsanak kami terutama tentunya tokoh masyarakat kami di Tanjung dan pulambai,’’ ujar salah seorang Kasi di Kanwil Kemeng Riau ini.

Kegiatan Safari Ramadan ini merupakan pekan kedua, setelah sebelumnya di Masdjid Darussalam RW 01 Dusun I Pulau Rambai dan pekan depan dilanjutkan di Masjid Ikhlas di RW 02 Pulau Rambai. Hadir dalam Safari Ramadan kedua ini, H Rasyid,Darusman Dede, Syamsul Bahri, Ridwan, Samsul Hidayat dan sejumlah dunsanak lainnya baik dari Pekanbaru, Bangkinang dan dari desa sendiri.(btr)

MENARIK DIBACA:  Kapolres Kampar Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Muara Takus 2018