TP PKK Kepulauan Meranti Ikut Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

0
159

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kepulauan Meranti, Selasa (19/9/2023), mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Festival Pangan Lokal.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau itu, berpusat di Halaman Gedung Dharmawanita Provinsi Riau, Kota Pekanbaru.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat membuka festival itu mengharapkan adanya kemandirian pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam (SDA) dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya sagu, jagung, singkong, pisang, dan lain-lain.

“Bagi masyarakat kami harapkan ikut melakukan upaya maksimal untuk menjamin kemantapan ketahanan pangan,” sebutnya.

Ketua TP PKK Kepulauan Meranti Ismiatun mengatakan, tahun ini pihaknya menyajikan menu-menu baru untuk diikutkan dalam lomba tersebut. Diantaranya, Sagubi Tahuba (sagu, ubi, tahu bakso) dan Stilong (steam ikan malong), Sayur Rampai dan Jus Jambu Batu.

MENARIK DIBACA:  KUA-PPAS ABPDP 2021 Meranti Disepakati, Pendapatan Bertambah Rp 80 Miliar Lebih

“Alhamdulillah, tahun ini kami masih bisa hadir dan mengikuti kegiatan ini. Semoga festival ini dapat memberikan manfaat dalam penyediaan gizi dengan bahan baku lokal,” ujarnya.

Festival dengan tema Kenyang Tidak Harus Nasi, Sehat Bahagia dengan Pangan Lokal itu, diikuti oleh TP PKK kabupaten/kota di Provinsi Riau dengan menampilkan beragam olahan pangan lokal.

Adapun hasil lomba cipta menu itu dijuarai oleh TP PKK Siak, disusul Dumai di posisi kedua dan Bengkalis juara ketiga. Kemudian harapan satu diraih oleh TP PKK Kampar, harapan dua dari Pelalawan sedangkan Meranti berada di harapan tiga.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua TP- PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, dan sejumlah pejabat serta tamu undangan.

MENARIK DIBACA:  Sambut Bulan Suci Ramadan Pemkab Meranti Gelar Tabligh Akbar

Ikut mendampingi Ketua TP PKK Meranti, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti Kuratul Aini, dan pengurus TP PKK lainnya. (Rls)