UPACARA HARI KONSUMEN, Pj Wako : ASN Harus Jadi Pionir Promosikan Produk Riau

0
271
Pj Wako Pimpin Upacara
Pj Wako Pimpin Upacara

PEKANBARU(HPC) – Produk dalam negeri khususnya di Provinsi Riau, beraneka ragam dan banyak dicari pelancong yang datang ke Kota Pekanbaru dan kabupaten/kota lainnya. Namun, untuk mempromosikanya sangatlah kurang dan dibutuhkan peran Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan usaha kecil menengah di Kota Pekanbaru.

Memperingati Hari Konsumen Nasional 2017, Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk aktif mempromosikan produk-produk yang menjadi keunggulan Riau.

“ASN harus jadi pionir mempromosikan produk-produk Riau. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khsusunya pelaku usaha kecil menengah. Selain itu, ASN juga menjadi contoh dalam menggunakan produk-produk khas Riau,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Lembaga Perlindungan Konsumen Desak Kadisperindag Kota Pekanbaru Beri Sangsi Tegas Kepada Pemilik Pangkalan Gas LPG yang Terbukti Nakal

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Kota Pekanbaru, untuk menjadi konsumen cerdas, mandiri dan mencintai produk dalam negeri. Hal ini untuk memperkuat keinginan pelaku usaha, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Meningkatkan kecerdasan dan nasionalisme untuk mencintai produk dalam negeri, menjadikan produk Riau menjadi tuan di negeri sendiri.

Semboyannya sudah jelas, ‘Aku Cinta Produk Indonesia’. Membeli dan menggunakan produk dalam negeri meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah. Yang hasilnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai pelaku usaha,” bebernya usai upacara Harkonas 2017 di Kantor Walikota Pekanbaru, Senin (17/4/2017).

Masyarakat Pekanbaru dihimbaunya memperhatikan beberapa hal dalam membeli produk dalam negeri, seperti menegakkan hak dan kewajiban sebagai konsumen, teliti sebelum membeli, perhatikan label dan manual garansi berbahasa Indonesia, pastikan produk bertanda SNI, jangan abaikan masa kadaluarsa produk, dan cintai produk Indonesia.

MENARIK DIBACA:  Jalin Silaturahmi Pengurus BEM FMIPA UNRI Kunjungi Redaksi Haluanpos

“UU nomor 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen yang diberlakukan sejak tahun 2000. Namun disadari bahwa masih sedikit konsumen yang memahami bahwa masyarakat mempunyai hak yang dijamin oleh Undang-Undang. Untuk itu peran kita bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai pelaku usaha,” tutupnya.(kim)