Walikota Resmikan SDIT Madani Payung Sekaki

0
230

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)– Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan meningkatkan status Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) menjadi sekolah formal. Saat ini, MDTA masih di bawah naungan mesjid paripurna yang ada di setiap kecamatan.

Demikian disampaikan Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT usai meresmikan sekolah dasar islam terpadu (SDIT) madani di komplek masjid Paripurna Mujahidin kecamatan Payung Sekaki , Sabtu (9/01/21) usai salat subuh berjamaah. Wako mengatakan, sekolah madani ada tiga tipe. Pertama, SMP Madani sebagai induk proyek percontohan.

turut hadir selain Sekdako HM Jamil M.Ag, Kadisdik Dr Ismardi Ilyas, Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr H Ilays Husti MA, Kabag Kesra Sarbaini serta jajaran pengurus yayasan Cendekia Riau.

“Kemudian, ada sekolah madani tingkat SD dan SMP di satu kecamatan. Hal itu sudah terlaksana dua tahun terakhir,” tambahnya.

MENARIK DIBACA:  Gubernur Syamsuar Hadiri Pelantikan Parmusi Riau

Saat ini, Pemko Pekanbaru tengah menyiapkan sekolah madani yang dikerjasamakan dengan mesjid paripurna. Jadi, MDTA yang ada di masjid paripurna akan ditingkatkan menjadi sekolah formal.

“Ada tiga tingkatan pendidikan yang akan kami jadikan sekolah madani mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga SMP,” jelas Wako.

Pertama, MDTA di Mesjid Rahman akan dijadikan sebagai PAUD Madani. Sedangkan MDTA di Masjid Mujahidin, Jalan Jenderal, Kelurahan Labuh Baru Timur (LBT) Kecamatan Payung Sekaki yang kita jadikan SDIT Madani. Terakhir, MDTA di Mesjid paripurna Nurul Iman, Jalan Lintas Timur Tenayan Raya, akan dijadikan SMP Madani.

Camat Payung Sekaki Fauzan S.Stp mengucapkan terima kasih kami ucapkan kepada pembina, ketua dan jajaran pengurus yayasan riau cendekia masjid paripurna al mujahidin atas prakarsanya pembangunan sekolah dasar islam terpadu dan selamat atas diresmikannya sdit oleh bapak walikota pekanbaru.

MENARIK DIBACA:  Dinilai Tidak Menuruti Aturan Pemerintah, Para RW di Pltkan Lurah Padang Terubuk

” ini merupakan suatu lembaga untuk mempersiapkan dan mencetak kader-kader anak-anak kita untuk menimba ilmu yang kedepannya akan menghasilkan generasi-generasi penerus yang agamis dan religius. Tentu ini perlu dukungan semua pihak agar lembaga pendidikan ini bisa eksis dan bisa menyelenggarakan kurikulum-kurikulum pendidikan yang berbasis islam, kedepan kita harapkan melalui yayasan pendidikan ini mulai dari Tk, SD, SMP sampai SMA dapat menghasilkan generasi-generasi yang unggul insya allah indonesia akan maju, ” harapnya

Sementara, Lurah Labuh Baru Timur Zulkifli menyampaikan kami berterimakasih kepada Bapak Dr.H.Firdaus. ST.MT selaku Walikota Pekanbaru dan Pak HM.Jamil.M.Ag.M.Si selaku Ketua Umum Masjid Pariurna Kota Pekanbaru yang telah memilih lokasi pendirian SD IT di Kelurahan LBT Masjid Paripurna Al Mujahidin.

MENARIK DIBACA:  Sekda Apresiasi Aksi Peduli APSAI Serahkan Bantuan

” Saya berharap anak usia dini dapat melanjutkan pendidikanny disini, sehingga kekurangan SD di LBT anak-anak bisa bersekolah disini. Kami pihak kelurahan juga menghimbau masyarakat LBT dapat menyekolahkan anak-anak nya di SD IT yang langsung dibina dibawah naungan Pemerintah Kota Pekanbaru, ” jelasnya.

Sebagai informasi dari pengurus yayasan cendekia riau bahwa untuk tahun ajaran tahun 2020/2021 sudah ada 20 murid yang mendaftar. (Rls/kim)