Volunteer Basic Training Chapter Pekanbaru

0
41


KAMPAR (HPC)-Relawan nusantara pekanbaru mengadakan kegiatan Volunteer Basic Training di Desa Siabu Kecamatan Salo kabupaten Kampar pada hari kamis 4 – 7 juli 2019.

Volunteer Basic Training merupakan Pendidikan Dasar untuk Relawan, VBT itu sendiri adalah tahapan terkahir dari sekian persyaratan disahkan nya calon relawan menjadi relawan tetap.
Dengan jumlah peserta 12 orang dan panitia 15 orang. Kegiatan ini berjalan selama 4 hari 3 malam. Di mulai dengan acara pelepasan di kantor rumah zakat pekanbaru jam 10.00 WIB oleh Budi Agus Syahputra. Kemudian berangkat dengan bus menuju lokasi kegiatan.

Fahmi sebagai koordinator lapangan mengatakan kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya dan dilokasi yang berbeda, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk tahap pembelajaran serta pelatihan bagaimana memiliki sikap yang sigap dan tangguh ketika sedang berada dalam sebuah bencana, baik itu bencana besar atau kecil. Setidak nya dari pelatihan ini kita sudah memiliki bekal untuk turun ke lapangan, dan jangan pernah lelah untuk terus belajar, menghargai setiap proses pembelajaran adalah kunci dari berhasil atau tidak nya kita dalam menetapkan diri di suatu lingkungan yang baru.

BACA JUGA  Warga Pantai Cermin ini Ditangkap Tim Patroli Polsek Tapung, ketika Asik Nyabu

Materi yang disampaikan saat kegiatan tentang bagamaina sikap aksi tanggap bencana, materi manajemen posko, assesment, penggunaan alat komunikasi, water rescue, dapur umum, materi media komunikasi, survival, serta BHD dan RJP.

Kegiatan ini di akhiri dengan ujian pengambilan slayer oleh peserta pada tanggal 7 juli untuk menyelesaikan tugas dan disahkan menjadi relawan.

Dan koordinator relawan, Putri Astuti menutup kegiatan ini dengan menyatakan peserta yang lulus sebagai relawan sebanyak 6 peserta. (Rls)