Meranti (HPC) –Masalah penetapan tapal batas dalam menentukan batas wilayah antar Kecamatan dan Desa yang acap kali menjadi masalah disebuah Kabuaten baru harus mendapat perhatian serius. Didasari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Penggunaan Alat GPS Bagi Aparatur Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Kantor Bupati, Senin (19/3/2018).

Kegiatan pelatihan penggunaan GPS yang di khususkan kepada aparatur Kecamatan dan Lurah yang membidangi masalah pengukuran tanah itu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM.

Turut hadir dalam acara itu, Staf Ahli Bupati, Para Kabag Dilingkungan Sekretariat Daerah, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. Mulyadi, Kepala Seksi Infrastruktur Badan Pertanahan Kabupaten Meranti Ruskandi, Para Camat dan Lurah Se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan lainnya.

Seperti dijelaskan, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. Mulyadi, Bimtek yang digelar kali ini dalam rangka meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan terkait pengenalan dan penggunaan alat GPS dalam proses pengukuran tanah, khususnya staf Kecamatan dan Keluarahan yang membidangi masalah pengukuran tanah.

Seperti diketahui hingga saat ini, aparatur Kecamatan dan Kelurahan yang membidangi masalah pengukuran masih menggunakan cara cara manual dalam menjalankan tugasnya. Akibatnya efisiensi dan akurasi dari posisi tanah atau wilayah yang diukur belum optimal serta berpotensi terjadinya permasalahan sengketa.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Daerah, Yulian Norwis SE MM, yang menyambut baik dilaksnakannya kegiatan tersbut, ia berharap, dengan mampunya aparatur Lurah dan Kecamatan menggunakan GPS dapat mengatasi masalah tapal batas wilayah dan lahan maayarakat sehingga resiko terjadinya sengketa akibat tidak akuratnya pengukuran dapat diminimalisir.

Untuk itu Sekdakab. Meranti Yulian Norwis SE MM, meminta kepada seluruh apatur yang mengikuti Bimtek untuk mengikutinya dengan serius sehingga ilmu yang didapat benar benar dapat diterapkan dalam mendukung tugas tugas dilapangan.

“Kegiatan ini hendaknya dapat diikuti dengan serius agar dat memberikan manfaat kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah, semoga aparatur Kecamatan dan Lurah yang mengikuti Bimtek dapat menggunakan GPS dengan baik,” harap Sekda.

selain itu pemetaan wilayah juga dapat mendukung pengoptimalan perancangan Demografi daerah yang saat ini tengah disusun oleh Kelurahan dan Kecamatan.

“Dengan dukungan pemetaan wilayah yang akurat dapat memperkuat perancangan Demografi daerah, sehingga batas wilayah dengan potensi yang dimiliki dapat dibuat dengan maksimal,” ujar Sekda.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan alat GPS merk Garmin dari Bagian Pemerintahan dan Otnomi Daerah selaku penyelenggara, penyerahan alat langsung dilakukan oleh Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM kepada Camat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti. (Hms)