Bawaslu Rohil Sampaikan Temuan Data Pemilih Identik dan Ganda

0
74

BAGANSIAPIAPI ( HPC)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Media Center KPU Rokan Hilir. Rabu, 14/10/2020.

Dalam Rapat Pleno Terbuka tersebut hadir Pimpinan Bawaslu Riau Neil Antariksa, Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto, Ketua beserta anggota Bawaslu Rokan Hilir Syahyuri dan Zubaidah, Polres Rokan Hilir, Kesbangpol Rokan Hilir, Kadis Disdukcapil,Tim Kampanye masing-masing Paslon serta PPK se-Kabupaten Rokan Hilir.

Ketua KPU Rokan Hilir Supriyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa proses DPSHP sangat panjang tahapannya. Tahapan ini dilkasanakan secara berjenjang dari tingkat PPS, tingkat PPK, dan tingkat KPU Kabupaten/Kota untuk di tetapkan sebagai DPT.
Beliau juga berharap agar bersama-sama bertanggung jawab untuk memastikan data DPSHP tersebut sesuai data yang benar sehingga tidak terjadi data pemilih yang identik dan ganda.

MENARIK DIBACA:  Jelang Pilgub Riau, Panwaslu Meranti Lantik Panwascam 9 Kecamatan

Selanjutnya Ketua Bawaslu Rokan Hilir Syahyuri mengatakan bahwa jajaran Bawaslu dibawahnya telak melaksanakan pengawasan terkait DPSHP dan menemukan data DPSHP dibeberapa kecamatan yang terindentifikasi data pemilih identik dan ganda.

“Kami dari Bawaslu beserta jajaran dibawah menemukan data DPSHP yang terindentifikasi data pemilih ganda dan identik sehingga dirasa perlu untuk disampaikan di rapat ini agar kita bersama-sama dapat memperbaiki dan memastikan data tersebut valid”.jelas Syahyuri.

“terkait dengan data pemilih khusus yang berada di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kami menyaranakan agar KPU untuk memastikan data pemilih tersebut pada tanggal 9 desember tidak barubah, karena kita tidak tahu pemillih yang berada dilapas tersebut bisa saja sebelum tanggal 9 Desember bebas bersyarat sehingga pemilih tersebut tidak dapat memilih di daerah tempat ia tinggal”.lanjut syahyuri. (Rilis/Jul)

MENARIK DIBACA:  Porkab 1 Rohil, kecamatan Tanjung Melawan Sabet Emas