PEKANBARU(HPC) – Validasi Kelas Jabatan merupakan salah satu upaya mewujudkan reformasi birokrasi dalam sebuah organisasi pemerintah daerah.

Dalam rangka menjalankan komitmen tersebut Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyampaikan hasil penyusunan Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kepada pihak BKN Kanreg XII di Pekanbaru, Senin siang (17/12/2018).

Seperti dijelaskan Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra kepada awak media, penyampaian dan penyerahan hasil pendampingan Validasi Kelas Jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir kepada Kepala BKN Kanreg XII Pekanbaru Adrayati. Turut mendampingi Sekretaris Daerah Yulian Norwis.

Kedatangan Bupati Meranti dan rombongan dikantor BKN Kanreg XII Pekanbaru langsung disambut oleh Kepala Kantor Andrayati dan jajaran. Selanjutnya Bupati Kepulauan Meranti langsung melakukan pemaparan hasil Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan yang disusun oleh Pemkab Meranti kepada pihak BKN Kanreg XII Pekanbaru.

Lebih jauh dijelaskan Kabag Humas dan Protokol Meranti, usai menyimak pemaparan dari Pemkab Meranti Kepala BKN Kanreg XII Andrayati dan tim dari BKN, mengucapkan apresiasi kepada Pemkab Meranti khususnya Bupati Meranti Irwan Nasir yang telah mengampaikan hasil Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan dengan baik.

Menurutnya itu adalah bentuk keseriusan dari Pemkab Meranti dalam menjalankan reformasi birokrasi sesuai amanat Permanpan No. 34 Tahun 2011 dan Peraturan Kepala BKN.

Diakui Andrayati, sejauh ini, baru Pemkab Meranti yang menyampaikan hasil Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan ke pihak BKN untuk diteruskan ke Kemenpan-RB. Sementara kabupaten/kota lainnya di Riau belum menuntaskan.

“Kabupaten Meranti merupakan Kabupaten yang pertama menyampaikan hasil Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan, kepihak Kemenpan RB dan BKN sangat mengapresiasi,” ujar Kabag Humas dan Protokol Meranti menirukan ucapan Ka. BKN Kanreg XII Pekanbaru.

Kepala BKN Kanreg XII Pekanbaru Andrayani sangat puas atas komiten Pemkab Meranti yang bersungguh-sungguh menjalankan reformasi birokrasi, salah satunya dengan menjadi kabupaten pertama yang menyampaikan usulan Validasi Jabatan dan Kelas Jabatan.

Hal itu menurutnya, sangat penting karena Validasi Jabatan dan Kelas Jabatan tersebut merupakan salah satu bagian dari delapan area perubahan sebagai wujud reformasi birokrasi. Dan untuk melakukan evaluasi dan jabatan salah satu syarat utama yang harus dituntaskan oleh Pemda adalah Analisa Jabatan dan ABK.

“Hasil evaluasi jabatan ini nantinya akan menjadi acuan dalam pemberian tunjangan kerja dimana penekanan objek evaluasi jabatan adalah jabatan,” jelasnya.

Selain Sekretaris Daerah, beberapa pejabat terkait juga turut mendamoingi Bupati, di antaranya Inspektur Meranti Suhendri, Kepala BKD Meranti Alizar, Kepala Bappeda Meranti Makmun Murod, Kepala BPKAD Meranti Bambang Supriyanto, dan Kabag Ortal Sekda Meranti Rika. (ADVERTORIAL)