Demi Mengambil Foto Gajah Liar dari Jarak Dekat, Warga Kecamatan Pinggir Rela Menantang Maut

0
298

5a312b5fed72a1d89f8143pcf-44813DURI – Peristiwa atau sebuah kejadian yang sangat berbahaya terjadi, Sabtu (13/2/2016) sore di belakang Kantor Camat Pinggir, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Dimana puluhan warga rela menantang maut, demi mengambil foto gajah liar dari jarak dekat.

“Jarak masyarakat menonton kawanan gajah liar, sekitar 20 meter. Itu kategorinya cukup dekat. Sangat berbahaya. Apalagi ada yang membawa anak-anak. Nanti jika jatuh korban siapa yang akan disalahkan,” ujar Ketua Hipam (Himpunan Penggiat Alam) Duri-Riau, Zulhusni Syukri kepada GoRiau.com, Minggu (14/2/2016).

Dirinya menjelaskan, kecepatan lari gajah mencapai 60 kilometer per jam, sementara manusia biasa (bukan atlet) mencapai 50 kilometer per jam. “Jadi jangan ambil resiko. Hanya ingin mengambil foto atau selfie dengan gajah liar, nyawa taruhannya,” ujarnya lagi.

MENARIK DIBACA:  Diduga Lakukan Pengancaman Dan Penganiayaan Terhadap Wartawan, Seorang Oknum DPRK Aceh Timur Di Laporkan Kepolisi

Ia juga menjabarkan, dimana kondisi psikologis gajah liar sulit ditebak. Apalagi saat birahi, jangankan gajah liar, gajah jinak pun akan menjadi agresif.

“Apalagi dalam perjalanan mengikuti jalur jelajahnya selalu di berondong mercon dan meriam. Bisa saja mereka (gajah liar, red) panik, karena merasa terdesak hingga menyerang manusia,” tutupnya mengakhiri penjelasan, untuk itu hindari konflik secara langsung dengan gajah liar. ***

Sumber: goriau.com