Disbud Riau Luncurkan Senam Lagu Melayu Riau

0
97

PEKANBARU (HPC)--Peluncuran Senam Lagu Melayu yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui Bidang Rekayasa Budaya dihalaman Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen serta dihadiri oleh istri Pj Setdaprov Riau, Mbung Megasari Zam, Darmawatina Disbud Riau, komunitas Bunda Bergerak, Guru Mulok BMR kota Pekanbaru, Guru olahraga sekota Pekanbaru, siswa-siswi sekota Pekanbaru serta karyawan dan karywati Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Rabu(3/10/19)

Dengan penuh semangat, instruktur senam dari Aski Riau dan Sanggar senam Sartika dan seluruh peserta senam mengikuti gerakan senam lagu-lagu Melayu Riau.

Usai mengikuti senam lagu Melayu Riau, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen menjelaskan, Gagasan Senam Lagu Melayu Riau merupakan implementasi Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2018 Tentang Penerapan Muatan Budaya Melayu Riau diruang Umum. Adapun Pergub tersebut yang berakar dari Peraturan Daerah perlu diimplementasikan kesemua lini hingga kedaerah, sehingga lagu dan senam lagu Melayu Riau ini bisa diterapkan semua lapisan masyarakat Riau,” ujar Yoserizal Zen

MENARIK DIBACA:  TERKAIT KARHUTLA RIAU "Orang Riau Melawan Asap", PADAN Riau Surati Presiden RI

Dari senam Lagu Melayu Riau yang kita taja tadi, diisi dengan berbagai lagu Melayu dari berbagai Kabupaten dan kota, seperti lagu Lancang Kuning, lagu Et Lola(Kampar), Ayam Putih Pungguk, Zapin Hamdala, Serampang Dua Belas, Randai Kuantan yang merupakan simbol-simbol lagu daerah yang perlu kita kenalkan ditengah masyarakat,” ujar Kadis

Kedepan kita berharap kegiatan Senam Lagu Melayu Riau ada Pergub khusus sehingga implementasi senam lagu Melayu Riau bisa menjadi tuan rumah sendiri. Selama inikan disetiap OPD dan Sekolah, musik senam sangat jauh dari nuansa lagu-lagu Melayu. Untuk itulah, dengan kehadiran senam lagu Melayu Riau ini bisa diterapkan disemua lapisan masyarakat,” ungkap Yoserizal Zen.

MENARIK DIBACA:  Zul AS : Kerja sama Masyarakat sangat diperlukan dalam Pembangunan Kota Dumai

Sementara itu Istri Pj Setdaprov Riau, Mbung Megasari Zam mengatakan, Dengan kegiatan Senam Lagu Melayu Riau yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau perlu kita dukung secara bersama. Apalagi senam lagu Melayu Riau ini harus bisa menjadi kebanggaan dan Icon senam disemua level masyarakat yang ada di Provinsi Riau ini ,” ungkap Mbung Megasari Zam. Yusuf.