IKA Teknik Dorong Dekan Prof Azridjal Aziz Maju Calon Rektor Unri

0
55

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)-Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Teknik Universitas Riau (Unri), sepakat untuk mendorong Dekan Fakultas Teknik Unri Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST MT IPU, untuk ikut bersaing sebagai Calon Rektor Unri periode 2022-2026.

Sesuai skedul, Pemilihan Rektor (Pilrek) Unri kali ini rencananya akan digelar pada 27 Juli 2022 mendatang.

Ketua IKA Teknik Unri, H Eka Putra Nazir ST MSc ketika dijumpai usai audiensi dengan Dekan Fakultas Teknik Unri mengatakan, sejauh ini belum pernah ada Calon Rektor Unri yang berasal dari Fakultas Teknik. Untuk itu, IKA Teknik kali ini komit mendukung dan mengusung Prof Azridjal Aziz sebagai Bakal Calon Rektor Unri pada Pilrek di bulan Juni 2022 mendatang.

“Kami tadi audiensi dengan Pak Dekan, dalam rangka persiapan pelantikan IKA Teknik dan kegiatan sempena pelantikan tersebut. Kemudian dari hasil pembicaraan teman-teman di IKA Teknik terkait dengan pemilihan rektor yang akan dilaksanakan dalam tahun ini. Ada semacam kesepakatan bersama, dorongan bagi kita pengurus IKA untuk meminta atau mendorong Pak Dekan Teknik Prof Azridjal Aziz untuk maju dalam Pemilihan Rektor Unri kali ini,” kata Eka, Kamis (12/5/2022) sore, didampingi Ketua Harian IKA Unri Zul Asri, Sekretaris Achizul, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Anis Murzil dan alumni lainnya.

MENARIK DIBACA:  Kerusakan Jalan Mengancam Keselamatan Pengendara

Eka menyebut, pernyataan dukungan IKA Teknik tersebut sudah disampaikan langsung kepada Prof Azridjal Aziz. Menurutnya, Prof Azridjal Aziz sudah menyetujui dengan wacana yang dikemukakan tersebut.

“Alhamdulillah beliau tadi setuju, dan mempersiapkanlah segala sesuatunya, hal teknis terkait pemilihan rektor tersebut,” tambahnya.

Dijelaskan Eka, alasan IKA Teknik mengusung Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST MT IPU sebagai Bakal Calon Rektor Unri Periode 2022-2026 karena yang bersangkutan merupakan alumni Fakultas Teknik Unri.

“Selama ini dalam pemilihan rektor, belum pernah ada Calon Rektor dari teknik. Inilah momentum yang ingin kami sampaikan kepada beliau dan dosen-dosen yang ada disini. Alhamdulillah mendapat sambutan yang baik, dan kami sudah melakukan komunikasi, hari inilah kami nyatakan kepada beliau, kami secara resmi meminta beliau maju.

Menurut Eka yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) Riauin.com itu, ada nilai plus dari sosok Prof Azridjal Aziz sebagai figur Calon Rektor Unri, yakni telah menyandang gelar profesor, memiliki pengalaman baik di tingkat universitas maupun diluar akademik, merupakan salah satu Dekan dan Anggota Senat di Unri.

MENARIK DIBACA:  H Darnil  SH dan Tiem kunjungi RS Budi Mulya

“Dari dukungan dosen-dosen atau alumni-alumni yang lain secara personal sudah mengarahkan dukungan kepada beliau,” tutup Eka.

Menyikapi pencalonan itu, Dekan Fakultas Teknik Unri Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST MT IPU mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi usulan IKA Teknik Unri yang mendukung dirinya maju sebagai Calon Rektor Unri 2022-2026.

“Tentu ini semacam dukungan yang kuat dari IKA (Teknik), tentu juga kita akan mempertimbangkan untuk maju sebagai Calon Rektor dan dukungan ini memberikan saya semangat maju sebagai Calon Rektor Universitas Riau,” ujar Prof Aziz.

Prof Aziz juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada IKA Teknik Unri karena telah mempercaya dirinya menjadi kandidat Calon Rektor Unri.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada IKA Teknik yang menyatakan dukungan mendukung saya menjadi Calon Rektor Unri periode 2022-2026. Kedepannya kita akan membangun sinergi bersama civitas akademika Universitas Riau sepeti harapan kita menjadi jantung hati masyarakat Riau,” tegasnya.

Untuk diketahui, proses pendaftaran calon Rektor Unri akan dimulai pada 18 hingga 31 Mei bulan depan. Sementara pemilihan Rektor Unri akan digelar pada 27 Juli 2022.

MENARIK DIBACA:  Dua Caketum HIPMI Riau Adu Gagasan di Debat Kandidat, Siapa Unggul?

Nantinya, Rektor yang baru akan menggantikan Aras Mulyadi yang masa jabatan akan berakhir pada tahun 2022 ini.

Adapun persyaratan yang paling mendasar dalam penyaringan calon Rektor Unri yakni;

Pertama, Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala.

Kedua, beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Kemudian berusia paling tinggi 60 tahun pada tanggal 19 Desember 2022.

Selanjutnya, memiliki pengalaman manajerial paling singkat 2 tahun dan bersedia dicalonkan nenjadi Rektor Universitas Riau periode 2022-2026. Sehat jasmani dan rohani, bebas narkotika, prekursor dan zat adiktif lainnya serta penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam 2 tahun terakhir.

Tidak sedang menjalani tugas belajar atau izin belajar lebih dari 6 bulan yang meninggalkan tugas tridharma perguruan tinggi dan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.

Persyaratan berikutnya yaitu tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Berpendidikan Doktor (S3). Tidak pernah mekukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

Terakhir, telah membuat dan menyerahkan laporkan harta kekayaan pejabat negara ke Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). *** rls