Kapolres Dumai Amankan Tiga Pelaku Ilegal Loging Di Dumai

0
68

DUMAI (HPC) – Selasa (21/07/2020) Kepolisian Resor Dumai meringkus tiga pelaku mengangkut kayu hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen sah atau ilegal logging.

Adapun Ke tiga pelaku ini diketahui berinisial (RP) , (RF) dan (P) yang sedang melangsir kayu dan kemudian ditangkap oleh pihak Polisi, pada Senin 20 juli 2020 sekitar jam 15.00 WIB di jalan bassilam baru kec. Sungai sembilan Kota Dumai.

Kapolres Dumai , AKBP Andri Ananta Yudistira mengatakan kronologis penangkapan berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan sering adanya terjadi pembalakan liar di daerah tersebut.

Selanjutnya, Sat Reskrim Polres Dumai beserta anggota melakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut dengan cara langsung turun ke TKP di Kecamatan Sungai sembilan.

MENARIK DIBACA:  RIBUAN BOTOL MIRAS DI MUSNAHKAN

“Dari hasil penyelidikan pada hari Senin 20 juli 2020 sekitar jam 15.00 wib akhirnya polisi berhasil mengamankan tiga orang yang saat itu sedang membawa kayu yang akan di bawa ke Gudang (panglong) ,” terangnya.

Usai dilakukan interogasi terhadap ketiga para pelaku ini mengaku membawa kayu sebanyak lebih kurang 7 ton jenis kayu “Sembarang” tersebut tanpa memiliki dokumen yang sah, ujar Andri menjelaskan.

“Dari pengakuan ketiganya, mereka bekerja melangsir kayu tersebut atas perintah (DPO) dengan upah Rp.150.000 untuk sekali lansir,” ungkap Kapolres Dumai.

Dari tiga tersangka pelaku tindak pidana Illegal Logging ini mereka dikenakan Pasal 83 Ayat (1) huruf a Jo Pasal 98 Ayat (1) Undang-Undang No.18 Tahun 2013, Tentang Pencegahan Pemberantasan Perusakan Hutan.

MENARIK DIBACA:  Bupati Suyatno Pimpin Pawai Taaruf MTQ Riau ke 36 Kafilah Rohil Tampil Memukau

Sekarang ” ketiga pelaku dan barang bukti tersebut sudah ada di Polres Dumai guna untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

(Eva)