Kisah Turunnya Al Qur’an (Nuzulul Qur’an)

0
67
Holy-Quran
Holy-Quran
Holy-Quran
Holy-Quran

HALUANPOS.COM- Seperti yang sudah dikisahkan oleh para kiyai dan ustadz pada setiap ceramah dan juga Taushiyah Ramadhan tentang Nuzulul Qur’an maka pada kesempatan ini kami mencoba mereview – mengulang kembali atas apa yang telah mereka sampaikan dan sudah kami baca pada buku buku tentang sejarah turunnya Al-qu’an yang di alami oleh Rasulallah SAW.

Bahwa Nuzulul Qur’an merupakan sebuah moment mengenang dan mengingat kembali bagaimana Alqur’an itu diturunkan pertama kali ke bumi melalui Muhammad yang disampaikan malaikat Djibril.

Alkisah menyebutkan bahwa : Muhammad yang sedang gundah sedang menyendiri bertafakur di sebuah Gua yang sering disebut sebagai Gua Hira. tiba tiba datanglah suara gemuruh yang membuat hati gemetar raga pun gemetar ketakutan, tak disangka dan tak diduga bahwa yang datang menggetarkan semua yang ada itu adalah kehadiran Djibril yang membawa Amanah dari Allah tentang penyampaian sebuah Ayat Alquran yang kemudian di sebut surat Al Alaq yang inti dari ayat ayat surat ini adalah memerintahkan kepada kita melalui Muhammad SAW agar kita Membaca. Bacalah atas nama Tuhanmu Allah SWT….

Al Alaq adalah surat yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi muhammad dan menyusul surat da ayat ayat yang lain secara bertahab. Alquran berisikan petunjuk dan mengarahkan manusia agar berbuat kebaikan dan meninggalkan pekerjaan dan perbuatan yang sia sia dan keburukan.

Alquran turun secara bertahap agar yang menerima wahyu dan seluruh kaum musliman dan manusia pada umumnya bisa mencerna dan memahami sehingga mereka bisa menjalankan atas apa yang Allah perintahkan. Di dalam Alquran terdapat kisah kisah nabi pada zaman dahulu, terdapat perintah dan petunjuk atas apa yang dilarang dan apa yang dianjurkan.

Untuk meyakinkan dan menguatkan keberadaan Alquran, sampai sampai Nabi Muhammad di khutbah terakhirnya hanya berpesan dan mewarisi dua hal agar manusia di bumi ini selamat dan bahagia di dunia dan akhirat yaitu Alquran dan Alhadist.

Momentum memperingati Nuzulul Qur’an ini hendaknya bisa menjadi motivasi kepada kita sekalian agar mau membaca dan mempelajari Alquran hingga benar benar paham agar selamat di dunia dan akhirat. (Blog informasi berita unik terbaru)