Kurban di Tanah Melayu, 210 Doka di 6 Kabupaten

0
46

KAMPAR (HPC)-  “Nah, di Desa Baru ini jarang ada kurban. Lokasinya perbatasan kota, 27 km dari Pekanbaru, tapi pedalaman, angkutan umum sulit di dapat. Bahkan di Desa Sungai Eko, pedalaman Suku Talang Mamak, baru pertama kali ini kurban disana,” ungkap Gio selaku Tim Dompet Dhuafa Cabang Riau (Jum’at, 31/7/2020).

Selain di Kota Pekanbaru, Dompet Dhuafa Cabang Riau melaksanakan THK (Tebar Hewan Kurban) 2020 di 6 (enam) kabupaten. Di antaranya Kab. Indragiri Hulu, Kab. Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Rokan Hulu, Kab. Rokan Hilir, Kab. Kampar, dan Kab. Siak.

“Tiap kabupaten kami sebar lagi distribusinya di tiap kecamatan. Untuk hari pertama ini, masing-masing 1 ekor sapi kurban di Desa Baru, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar; Desa Sungai Eko, Kec. Rakit Kulim, Kab. Inhu; dan Desa Karya Indah, Kec. Tapung, Kab. Kampar,” sebut Gio.

MENARIK DIBACA:  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, Masjid As Sakinah Bagikan Piala dan Hadiah Kepada Seluruh Anak Anak TPA

Pelaksanaan kurban di pedalaman Desa Baru, adalah kurban pertama, setelah 4 (empat) tahun tidak ada kurban disana. THK (Tebar Hewan Kurban) di Desa Baru, didistribusikan kepada 85 KK, yang hampir seluruhnya merupakan kelompok ekonomi menengah ke bawah.

“Sebelumnya kami juga lakukan distribusi Paket Sembako disini (Desa Baru). Banyak terdapat kelompok rentan dan terdampak pandemi Covid-19. Lansia, janda, gharim, buruh tani, dan sebagainya,” aku Gio. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)