Luar Biasa Gandeng Trans Media, KPID Riau Rekrut 100 orang Kontent Kreator

0
197

PEKANBARU (HALUANPOS.COM) –Bersempena Hari Bakti Postel ke 78 tahun 2023, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau menggandeng Trans Media mencari konten kreator berbakat se-Provinsi Riau, kuotanya terbatas hanya untuk 100 orang saja.

Ketua KPID Riau H. Falzan Surahman, S.Si, M.I.Kom mengatakan bahwa saat ini sedang dalam proses perekrutan konten kreator terhitung sejak hari ini, Selasa, (19/09) hingga hari Minggu, (24/09).

“Kuotanya terbatas, hanya untuk 100 orang saja, terbuka untuk umum dari berbagai kalangan termasuk mahasiswa, konten kreator, freelance videographer, youtubers, pelaku usaha Production House (PH) dan juga humas pemerintahan dan lainnya,” kata Falzan.

Ditanya soal apa tujuannya, Falzan mengatakan bahwa gagasan ini berawal dari keresahan bersama dengan masyarakat dan juga hasi pantauan KPID Riau selama ini, bahwa lembaga penyiaran dengan Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) punya kewajiban untuk menayangkan 10 persen konten lokal dari total durasi siarannya setiap hari, namun kontennnya selalu berulang.

MENARIK DIBACA:  Presma BEM UIR Gandeng Polda Riau adakan Seminar Gerakan Lindungi Perempuan dan Anak

“Selama ini jarang terpenuhi kewajiban konten lokalnya, kalaupun terpenuhi ya berulang yang itu-itu saja kontennya atau re-run, mereka selalu berdalih kekurangan bahan, hasil produksi konten creator lokal belum memenuhi standar, makanya muncul gagasan ini supaya bisa mendapatkan apa sih yang menjadi standar produksi mereka sehingga konten yang dibikin oleh lokal dapat membantu memenuhi kewajiban mereka,” beber Falzan.

Lebih lanjut Falzan mengajak semua para konten kreator, PH, mahasiswa dan lainnya untuk bergabung menimba ilmu bersama, bahkan kalau memungkinkan sekaligus dilakukan draft nota kesepahaman bersama, agar setelah kegiatan ini selesai dapat terjalin kerjasama antara konten kreator lokal dengan Televisi Swasta SSJ terutama Trans Media untuk memenuhi konten lokal mereka.

MENARIK DIBACA:  15 PTN/PTS Lakukan Kerjasama, Begini Kata Asisten I Setdaprov Riau

“Kami menggadeng Trans Media diantaranya ada Trans TV, Trans7, CNN Indonesia dan CNBC Indonesia untuk menjadi choacnya, akan banyak sharing ilmu yang bisa didapat disana, mulai dari standar produksi video televisi, standar jurnalistik televisi hingga standar untuk tayang di media social.

Untuk pendaftarannya melalui link ini https://s.id/Dicari100ContentCreatorRiau, dan untuk informasi lebih jelas dapat mengunjungi Instagram @KPID Riau dan Facebook Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, gratis, tidak dipungut biaya, ” ujar Falzan.

Kata Falzan, setelah “menemukan” 100 orang konten kreator, pelatihannya akan dilaksanakan pada Selasa, (26/09) di Hotel Prime Park & Convention Pekanbaru dari jam 08.00 sampai selesai.

“Waktunya full day, mulai dari pagi sampai sore, jadi jangan sampai kehilangan kesempatan emas ini, karena kami akan seleksi dulu calon pesertanya dengan indikator yang telah kami siapkan sebelum dinyatakan lolos untuk dapat kesempatan mengikuti pelatihan, tutup Falzan. Rls

MENARIK DIBACA:  Juprizal Jalin Silaturahmi Bersama UMKM Hebat Forkindo