Yuk..Mari bersejarah ke Istana Siak Sri Indrapura

0
893
Foto:Istana siak
Foto:Istana siak
Foto:Istana siak
Foto:Istana siak

PEKANBARU-(HPC)-Istana Siak adalah sebuah situs warisan sejarah kerajaan melayu sumatra yang berada di provinsi Riau berupa istana kerajaan.

Kerajaan Siak Sri Inderapura sendiri berdiri sejak tahun 1723 M oleh raja kecil yang bergelar “Sultan Abdul Jalil “, Sedangkan Istana Siak yang menjadi objek wisata di Riau ini dibagun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan “Syarif Hasyim”.

Kerajaan Siak Sri Inderapura mengakhiri roda pemerintahannya dengan menyerahkan tampuk kekuasaan “Sultan Syarif Kasim II” kepada Negara Republik Indonesia dengan mengakui bahwa kerajaan Siak merupakan bagian dari Indonesia pada tahun 1945. Siak menganut adat istiadat melayu karena memang jika ditelusuri lebih jauh kerjaan Siak Sri Indrapura merupakan turunan dari kerjaan Melayu Johor-Malaysia.

MENARIK DIBACA:  Erdison dilantik Jadi Sekretaris KPU Kabupaten Meranti

Istana siak terletak ditepian sungai siak, tepatnya di kota Siak, Kab. Siak Sri Inderapura. Kota yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota paling bersih oleh Presiden Republik Indonesia ini berada di 1’16’30” LU – 0’20’49” LU / 100’54’21” BT – 102’10’59 BT dan termasuk kedalam wilayah administrasi provinsi Riau.

 Jika anda berminat untuk berwisata ke istana siak ini atau hanya sekedar ingin berziarah ke makam para raja-raja siak, anda bisa langsung datang kesini dengan menggunakan jalur darat maupun laut, jika anda menggunakan jalur laut anda bisa langsung menuju kepelabuhan Siak yang berada ditepian sungai Siak, jarak pelabuhan ini menuju istana siak hanya sekitar 500 M.

MENARIK DIBACA:  Wabup Buka Rakor Forum Perangkat Daerah Kabupaten Meranti

Sedangkan bagi anda yang berada diluar daerah anda bisa menuju ke istana siak dengan memesan tiket penerbangan terlebih dahulu menuju bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, dari kota Pekanbaru ini anda bisa langsung berkunjung ke siak dengan dua pilihan transportasi yaitu travel (darat) atau speed boad (air), biaya perjalan ini hanya sekitar 5 USD atau sekiar 50.000 IDR.

Untuk penginapan, anda tidak perlu khawatir, karena di kota Siak terdapat beberapa hotel dan wisma yang bisa anda pesan dengan harga cukup terjangkau.

So, tunggu apalagi, berwisata sambil menambah wawasan tentang sejarah pasti merupkan pilihan yang tepat bukan?