Pemdes Deli Makmur Gencar Gerakkan UMKM

0
108

KAMPA (HALUAPOS.COM) – Pemerintah Desa (Pemdes) Deli Makmur, Kecamatan Kampa, terus gencar menggerakkan ekonomi pemberdayaan masyarakat desa lewat berbagai aktivitas dan kreativitas kelompok masyarakat desa.

Seperti PKK, yang saat ini secara rutin membuat kacang tujin untuk dipasarkan diberbagai kedai harian dalam desa sendiri. Hal ini tak pelak menjadi perhatian khusus Pemdes untuk menggerakkan roda perekonomian di desa.

‘’Alhamdulilah, Ibu-ibu PKK kita sangat aktif dan kreatif sekali untuk menggerakkan usaha ekonomi menengah ini. Kami pihak desa akan selalu men-support berbagai kegiatan kreatif seperti ini. Ke depan kami akan sampaikan ke dinas bagaimana UMKM kita ini dapat dilakukan pembinaan dari Dinas terkait,’’ sebut Kades Deli Makmur Harmiyon S Sos, disela-sela mengunjungi UMKM PKK, kemarin.
Sebelumnya desa Deli Makmur juga melakukan usaha rumah tangga mie kelor yang terbuat dari adonan tepung dan daun kelor yang memang tumbuh berkembang di desa ini, sehingga menjadi produk lokal yang menjanjikan.

MENARIK DIBACA:  Pilkades Desa Tarai Bangun Berlangsung Sesuai Tahapan dan Aturan

Dimana proses pembuatan mie kelor sendiri sama dengan pembuatan mie biasa, hanya saja daun kelor lebih dominan dan tanpa bahan pengawet apapun, sehingga ketahanannya memang tak lebih dari dua hari.

‘’Kalau mie kelor kita masih terkendala pemasarannya, sebab kita tidak menggunakan bahan pengawet. Tapi kalau kacang tujin ini bisa kita kembangkan dan terbukti konsumsi sangat dimanati,” sebut mantan pendamping lokal desa Kabupaten Kampar ini.

Kades Harmiyon berharap, usaha kreatif Ibu-ibu PKK Deli Makmur ini akan mampu dilirik oleh berbagai pihak untuk dijadikan komoditi khas Desa Deli Makmur, khususnya dan Kabupaten Kampar, bahkan Provinsi Riau umumnya, disamping ketahanan pangan hewani yang telah didistribusikan.

MENARIK DIBACA:  Bupati Kampar Dan Sekjen Kementerian KKP RI Tabur 95 Ribu Bibit Ikan

”Minimal produk rumah tangga dan atau UMKM kita ini dapat kita perkenalkan sekitar kecamatan kita ini. Maka kita minta bimbingan dinas terkait nantinya,” sebutnya lagi.(buz)