Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Usaha UMKM CV. Galleri Advertising

0
218

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi melakukan penelitian dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen untuk mengetahui permasalahan pada perusahaan “CV. Galleri Advertising” yang beralamat di Jalan Tuanku Tambusai No.345, Pekanbaru, Senin (12/07/2021).

Mahasiswa yang beranggotakan 4 orang yaitu Irfan Saputra, Mutia Shafira, Riry Zumalia Ramadhani dan Willi Chandra Hermanto merupakan Mahasiswa Semester 6 dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi-bisnis, dimana Dosen Pembimbing Mata Kuliah Sistem Pengendalian Manajemen Yaitu Ibu yang Terhormat Ibu Intan Putri Azhari,SE.,M.Acc.

Tujuan diadakannya wawancara ini untuk mengetahui apa saja permasalahan atau kendala yang dihadapi perusahaan selama menjalankan usaha. wawancara ini sekaligus untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa untuk bekal dimasa yang akan datang apabila membuka usaha dibidang yang sama ataupun berbeda.
Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, yaitu advertising berfokus pada merk bank seperti Signage Uker Bank BRI, Interior seperti partisi ruangan, sewa alat berat seperti jasa penyewaan Scaffolding dan kesenian seperti ukiran-ukiran yang terbuat dari kayu atau PVC Board seperti pada dokumentasi kami saat wawancara yang dapat dijadikan sebuah hiasan dan souvenir.

MENARIK DIBACA:  Reses Anggota DPRD Kota Pekanbaru H Ervan : Warga Butuh Lapangan Pekerjaan Untuk Anak-anak Tamat Sekolah

Karena perusahaan ini bergerak lebih dari satu bidang. Jadi pada wawancara ini kami fokus mencari informasi mengenai SDM dibidang Interior dan kesenian saja dimana pengerjaannya sejalan menggunakan satu mesin yang sama yaitu Mesin CNC. Untuk menjalankan mesin tersebut dibutuhkan 2 orang karyawan.

Lama proses pengerjaannya tergantung pada ketebalan bahan dan design yang dipilih, karna semakin rapat dan tebal design dan bahan yang dipilih, maka akan semakin lama pengerjaannya. Dan untuk pengerjaan itu biaya yang dikenai ke konsumen biasanya lebih mahal. Pemasaran yang dilakukan perusahaan ini melalui media social seperti instagram dan facebook.

Kendala yang dihadapi perusahaan ini yaaitu mengatur jadwal pemasangan orderan keluar kota apabila orderan yang diterima sedang meningkat. Karna jumlah anggota yang handal untuk diberangkatkan keluar kota masi sedikit sehingga proses pengerjaannya terkadang tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan.

MENARIK DIBACA:  Terkait Pemberian Vaksinasi, Diskes Pekanbaru harus Memprioritaskan Masyarakat kota Pekanbaru

Adapun saran atau masukan yang dapat kami berikan selaku mahasiswa dalam penyelesaian kendala kendala tersebut ialah dengan merekrut tenaga” tambahan yang sifatnya freelance jadi tidak terikat kontrak kerja yang berat dan meminimalisir biaya yang akan keluar dan di harapkan dapat menyelesaikan permasalahannya dikala orderan meningkatkan pesat. (Rilis)