Perkuat Transisi PAUD ke SD, Bunda PAUD Labuhanbatu Terima Penghargaan dari BPMP Sumut

0
236

Labuhanbatu, Haluanpos.com- Komitmen dan upaya kerja keras yang dibangun Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr Maya Hasmita Sp.OG, M.KM dalam memperkuat program Merdeka Belajar Episode 24 Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan berbuah manis.

Atas kerja keras itu, Bunda Paud Labuhanbatu menerima piagam penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Utara. Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BPMP Sumut Drs. Irwan Safii M.Pd kepada Bunda PAUD Labuhanbatu di Kantor BPMP Provinsi Sumatera Utara, Senin (25/09/2023).

Sebelum pemberian piagam penghargaan ini, Bunda PAUD telah mempresentasikan strategi advokasi dan sosialisasi dalam melaksanakan program Transisi PAUD ke SD di Kabupaten Labuhanbatu. Dalam paparannya, Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu telah melakukan upaya sosialisasi dengan turun ke sekolah-sekolah bertemu dengan siswa, guru, kepala sekolah, orang tua siswa, dan tokoh masyarakat.

MENARIK DIBACA:  Bupati Labuhanbatu Serahkan SK Remisi WBP Lapas Kelas IIA Rantauprapat

Selain sosialisasi, Bunda PAUD Labuhanbatu juga melakukan advokasi dengan mendorong terbentuknya regulasi terkait dengan Transisi PAUD ke SD. Regulasi yang telah diterbitkan antara lain Peraturan Bupati PAUD Holistik dan Integratif, Surat Keputusan (SK) Bupati Forum Komunikasi PAUD, SK Bupati Pokja Bunda PAUD, Surat Edaran (SE) Bupati Terkait Transisi PAUD ke SD, dan beberapa regulasi dari Dinas Pendidikan.

Bahkan, saat ini Bunda PAUD Labuhanbatu telah membangun kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mensukseskan program tersebut. Diantaranya melakukan MoU dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Dukcapil, Rumah Sakit Daerah, juga dengan berbagai Ormas seperti Al Washliyah, Formalindo, Himpaudi, IGTKI, MUI, Ummat Beragama, dan dengan DPPA.

MENARIK DIBACA:  Pemkab Labuhanbatu Segera Lounching Program Bupati Sapa Desa

Sesaat setelah menerima piagam penghargaan, Bunda PAUD Labuhanbatu dr. Maya Hasmita menyampaikan bahwa upaya dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini di Labuhanbatu untuk memperkuat Program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan sangat dilihat dan diperhatikan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPMP Provinsi Sumatera Utara Drs Irwan Safii M.Pd menyampaikan bahwa Bunda PAUD Labuhanbatu ini memang sangat komitmen dan serius dalam mendukung program prioritas Kemendikbud Ristek, utamanya program Transisi PAUD ke SD. Oleh karenanya, sebagai bentuk apresiasi, BPMP Provinsi Sumatera Utara memberikan Piagam Penghargaan ini.

“Kami berharap apa yang sudah dilakukan oleh Bunda PAUD Labuhanbatu terus dapat diperkuat dan dilanjutkan, karena kita masih memiliki banyak pekerjaan rumah di jenjang PAUD ini yang perlu ditingkatkan, seperti meningkatkan Angka Partisipasi Siswa (APS), perbaikan sarana dan prasarana, dan peningkatan kualitas mutu pembelajaran”, terang Kepala BPMP Sumut.

MENARIK DIBACA:  DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Ke 2 Massa Sidang Ke Satu 2019

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru. Peran Bunda PAUD di daerah sangat strategis dalam mengembangkan Gerakan Transisi ini.(Sw)