MERANTI (HPC) – Kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Perwakilan Nelayan Gumbang Rangsang mengeluhkan berkurangnya hasil tangkapan ikan mereka, berkurangnya hasil tangkapan ikan Nelayan disinyalir akibat beroperasinya kapal pengeruk pasir timah dari dasar laut milik mitra PT. Timah Tbk. Kantor Camat Rangsang, Kamis (6/12/2018).

Dari hasil komunikasi Bupati dan rombongan bersama perwakilan Nelayan Gumbang, Aling, dihasilkan solusi dimana PT. Timah akan memberi kompensasi kepada masyarakat Nelayan sebesar 50 Juta per Desa/bulan melalui BPD.

“Masyarakat Nelayan yang terkena dampak tiap bulan akan mendapat bantuan uang, soal siapa yang dilibatkan semua diatur oleh Kepala Desa dan perangkat Desa,” jelas Bupati.

Selain itu Bupati juga mengupayakan mencari tempat menjaring ikan yang baru bagi Nelayan dengan mengintruksikan instansi terkait untuk memetakan lokasi sumber ikan dengan memanfaatkan teknologi GPS, sehingga Nelayan dapat kembali melaut dengan hasil tangkapan yang lebih baik.

Sekedar informasi, dari penjelasan Aling sebelum kapal pengeruk pasir timah beroperasi dikawasan perairan laut Tj. Samak, jumlah tangkapan ikan Nelayan bisa mencapai 600 Kg. Tapi sejak beroperasinya kapal pengeruk pendapatan ikan Nelayan jauh menurun.

Upaya lainnya dikatakan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu akan mencoba mengkomunikasikan lagi dengan managemen PT. Timah untuk mencari Win Win Solution terbaik atas kasus tersebut.

“Saya nanti akan komunikasi juga dengan managemen PT. Timah,” aku Bupati.

Bupati juga meminta masyarakat terus menjalin kerjasama yang baik dengan pihak PT. Timah karena dengan beroperasinya perusahaan tersebut diyakini akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, karena operasional PT. Timah akan berdampak pada perputaran uang yang cepat diwilayah tersebut.

Turut mendampingi Bupati, Camat Rangsang Drs.Tunjiarto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perikanan Meranti H. Anwar Zainal, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kabag Ekonomi Meranti Afif, Kabag Perbatasan Meranti Efialdi, Sekcam Kec. Rangsang Rayan Pribadi SH dan Jajaran, Perwakilan Dinas PU Meranti,  Khalifah Kec. Rangsang H. Hasbullah Ilham, Tokoh Masyarakat, Kelompok Petani dan Nelayan. (Rls/sk)