Sekda Ajak Kalangan Mahasiswa Ikut Berpartisipasi Bersihkan Sampah

0
155

PEKANBARU-(HALUANPOS.COM)Tumpukan sampah di beberapa titik di Kota Pekanbaru menimbulkan bau busuk dan meresahkan masyarakat setempat. Merespon itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H. Muhammad Jamil,S.Ag., M.Ag., M.Si, mengajak kalangan masyarakat ikut berpartisipasi bersihkan sampah.

Sekda sudah mencontohkan bersama jajaran serta BEM Universitas Lancang Kuning (Unilak) gelar gerakan bakti sosial di Kecamatan Rumbai, beberapa waktu lalu. Pada kegiatan itu juga hadir Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Azhar dan Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi SH MSi serta Presma Cep Premana Galih.

Sekda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan di lingkungan Kota Pekanbaru. Selain itu, untuk menjawab beberapa keluhan warga masyarakat atas banyaknya sampah yang berserakkan dan menumpuk sampai memakan badan jalan.

MENARIK DIBACA:  Konser Musik dan Puisi Peduli Korban Covid 19

“Kita melakukan kegiatan kerja bakti bersama adek-adek dari mahasiswa yang diwakili oleh BEM Unilak. Di mana kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi kota Pekanbaru dari bersih sampah dan menjaga keindahan serta kesehatan di lingkungan Pekanbaru,” jelasnya, Jumat (15/1).

Jamil menambahkan, peran mahasiswa dalam masalah sosial khususnya masalah sampah ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat lebih menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Sekretaris DLHK melalui Kepala Bidang Persampahan DLHK Hendra Afriadi S.H,. M.Si. menyatakan, kegiatan bakti sosial untuk membersihkan sampah yang sudah menggunung di setiap sudut Kota Pekanbaru yang tengah menjadi polemik di masyarakat.

“Kita mengerahkan 31 unit kendaraan pengangkut sampah terdiri dari 16 unit milik DLHK dan 15 unit kendaraan sewa untuk mengangkut sampah yang menumpuk di Kota Pekanbaru,” kata dia.

MENARIK DIBACA:  Putra Asal Kabupaten Meranti Dilantik Jadi Sekretaris DPD Proteksi Riau

Selain itu, DLHK juga menggandeng mahasiswa untuk mendukung kegiatan Pekanbaru yang bebas sampah dan juga menurunkan pasukan kuning.

Ia juga mengharapkan masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya demi menjaga keindahan dan kebersihan serta kesehatan lingkungan di Kota Pekanbaru kita tercinta.

“Karena hal ini, bukan hanya tugas DLHK saja tapi seluruh lapisan masyarakat yang juga memiliki peran penting dalam menjaga Kota Pekanbaru bebas dari sampah,” jelasnya. (Kominfo3/RD1)