Siap siap, Sungai Pabrik Bagansiapiapi Segera dinormalisasi, Rumah warga diganti Rugi

0
266

Bagansiapiapi (HPC) Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno Menurunkan Alat Berat berupa eskavator Dijalan Selamat Ujung, kepenghuluan Bagan Timur Kecamatan Bangko Rokan Hilir, Untuk Melakukan Pembersihan Parit yang tersumbat Dijalan Itu Agar Air bisa kembali normal.

pembersihan Parit tersebut langsung diPantau Oleh Orang nomor satu dirokan hilir H suyatno dan didampingi Oleh kepala dinas lingkungan hidup Suwandi.sos 2/12 2019.

Selain Melakukan Peninjauan Banjir Bupati Juga meninjau parit sepanjang jalan Tugu dari simpang jalan Pahlawan hingga jalan Perwira Bagansiapiapi, dan dilanjutkan melihat parit yang berada di samping  TK Bintang Laut.

Disela Peninjauan Bupati mengatakan bahwa saat ini parit di jalan Selamat ujung dibersihkan dengan menggunakan ekscavator. Hal ini dilakukan guna menambah daya laju air agar sempurna mengalir, sehingga air tidak lagi tergenang.

MENARIK DIBACA:  Bupati Aceh Timur Buka Muzakarah Ulama

“Parit-parit yang tersumbat di gali kembali sehingga nanti air bisa mengalir lancar, karna selama ini Sebagian Rumah warga dan fasilitas umum lainnya masih  tergenang air “tuturnya Suyatno.

Tidak hanya itu lanjut H. Suyatno untuk pembersihan sungai pabrik, akan dilakukan membongkar rumah berada diatas sungai pabrik yang dapat menghalangi jalannya ekscavator yang akan melakukan pembersihan sungai.

“Yang ada di atas sungai pabrik akan kita bongkar dan ganti ruginya sudah kita siapkan,”tuturnya Bupati Rohil ini.

Dikatakannya, saat ini sudah sedang menghitung kerugian tersebut oleh perangkat dari tim independen.

“Ada  delapan rumah yang menghalangi jalan alat berat ekskavator masuk kedalam sungai tapi Insya Allah nanti menjelang akhir tahun akan kita ganti rugi,”ujarnya.

MENARIK DIBACA:  H. Said Hasyim Ajak Masyarakat, Aparatur Desa dan Kecamatan KerjaSama Bangun Daerah

Suyatno menjelaskan  bahwa di Wilayah Kecamatan Bangko khususnya di kota Bagansiapiapi yang terpapar banjir ada di sejumlah wilayah kelurahan Bagan Timur belahan timur dan sebagian kelurahan Bagan Barat. Oleh sebab itu, kata Dia, saat ini dilakukan pembersihan parit parit tersebut sehingga nantinya air bisa mengalir lancar. Jul