Syamsuar-Edy Natar Cagubri Pertama ‘ijab kabul’ dengan KPU Riau

0
21

PEKANBARU (HPC) – Proses penerimaan berkas pendaftaran pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau, dilakukan begitu istimewa oleh KPU Riau.

Pendaftar pertama adalah Syamsuar dan wakilnya Brigjen TNI Edy Aprizal Natar Nasution, Senin (8/1/2018)

Syamsuar-Edy didampingi masing-masing isterinya. Pasangan ini duduk di kursi pelaminan bak mempelai.

Selanjutnya Ketua DPW PAN, Irwan Nasir didampingi politisi Koalisi Riau Bersatu, PAN, PKS dan NasDem, melaksanakan ‘ijab kabul’ dengan Ketua KPU Riau, Nurhamin. Penyerahan berkas dilakukan seperti akad. Dan sah diterima KPU Riau.

Berkas Syamsuar-Edy lengkap, tanpa kurang satu apapun. Itu setelah dilakukan pemeriksaan oleh KPU Riau, lebih kurang 15 menit, yang turut disaksikan Bawaslu Riau.

Syamsuar-Edy terlihat begitu lega dan semangat setelah menyerahkan berkas tersebut.

“Alhamdulillah, berkas kami berdua lengkap. Selanjutnya kami akan mengikuti tahapan berikutnya. Salah satunya tes kesehatan akan dilakukan pada tanggal 11 Januari nanti,” ungkap Syamsuar didampingi Edy dan para petinggi partai pengusung, PAN, PKS dan NasDem.

Sementara itu, Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, untuk hari pertama, ada satu paslon yang mendaftar.

“Hari ini cuma satu paslon. Dokumen atau berkas lengkap setelah kita cek satu persatu. Selanjutnya dilakukan verifikasi dan hasilnya nanti bisa buka di web KPU Riau,” jelas Nurhamin.

Rencananya besok, Selasa (9/1), pihaknya menunggu pendaftaran paslon gubernur dan wakil gubernur berikutnya.

Semua proses, kata dia, dilakukan sama terhadap paslon yang mendaftar.

Nurhanin mengatakan, proses penerimaan berkas dari calon sengaja dilakukan dengan cara seperti akad.

“Ini kita lakukan agar lebih menarik dan unik. Pertama kalinya kita buat seperti ini, agar lebih santun. Sesuai dengan slogan kita Berpantun (Bersih, Partisipatif, Adil dan Santun),” kata Nurhamin. (RA/wan)