UNRI Laksanakan Sosialisasi dan Promosi Jalur Masuk PTN Tahun 2023

0
28

PEKANBARU (HALUANPOS.COM)-Seiring telah dibukanya seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, Universitas Riau (UNRI) merupakan bagian dari sejumlah Perguruan Tinggi (PTN) dari 76 PTN dan sekaligus 137 peserta dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 melaksanakan sosialisasi dan promosi pada tahun ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Dr Mexsasai Indra SH MH, pada kegiatan Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI yang digelar Selasa (23/1/2023) di Hotel Pangeran Pekanbaru, menyampaikan kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan promosi yang merupakan mandat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang harus dilaksanakan.

Dalam prespekif kebijakan, ada beberapa pola dan mekanisme yang pada saat ini terjadi perubahan seiring ditetapkannya Permendikbuddikti tahun 2022. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 48 tahun 2022 tentang penerimaan mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana pada perguruan tinggi negeri, menyebutkan jalur penerimaan mahasiswa baru terdiri dari tiga jalur. Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Kedua, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Ketiga, Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

MENARIK DIBACA:  Maju di Pilwako Ali Syahbana siap Tinggalkan PNS

Berbeda pada tahun sebelumnya penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini terintegrasi antara pokasi dan akademik, dimana calon mahasiwa baru baik dari SMA/ SMK/ MA dengan mendaftarkan cukup sekali dengan pilihan tujuan bisa kePoliteknik, Universitas ataupun Institut.

Sesuai dengan permendikbuddikti No 48 Tahun 2022, tahun ini UNRI meneriman calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP dan SNBT. Sementara itu daya tampung setiap jenjang pendidikan, berada di besaran 30 persen dari daya tampung untuk Jalur SNBP, dan 40 persen daya tampung untuk Jalur SNBT, dan 30 persen daya tampun Jalur Mandiri.

Pada penerimaan mahasiswa baru UNRI tahun akademik 2023/2024 ini UNRI akan menerima lebih Kurang 6530 peserta didik untuk jenjang strata satu, Sedangkan 80 peserta didik jenjang diploma empat, dan 690 peserta didik jenjang diploma tiga, ujarnya.

MENARIK DIBACA:  HUT Ke-64 Polantas, Satlantas Polresta Pekanbaru Gelar Bakti Sosial

UNRI telah membentuk tim sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang langsung dikoordinir oleh wakil rektor bidang akademik yang akan langsung turun ke kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau mulai tanggal 24 Januari sampai dengan 1 Februari 2023, jelasnya.

Pada kegiatan ini, Rektor UNRI Prof Dr Sri indarti SE MSi, menyampaikan saat ini Kemendikbuddikti sudah banyak melakukan transformasi dalam hal bidang pendidikan termasuk seleksi penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa prinsip yang harusnya sama-sama diperhatikan, melalui Permendikbuddikti No 48 tahun 2022 tentang penerimaan mahasiswa baru dengan berprinsip pertama Adil, degan hal ini memberikan kesemptan yang sama kepada calon peserta didik untuk masuk PTN khusus UNRI tanpa membedakan,

MENARIK DIBACA:  Ketua KNPI Riau Fuad Santoso : Berkah Ramadhan, Alhamdulillah 1000 Paket Terbagikan

Kedua, Akuntable, dimana dilaksankan secara prosedur dan kriteria yang jelas, Ketiga, Fleksible, dalam hal ini anak-anak adalah mempunyai keleluasaan untuk memilih prodi dan perguruan tinggi yang diinginkan, Keempat, Efesien menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi dengan sumberdaya secara optimal.

Terlebih penting lagi UNRI dalam hal ini akan melaksanakan secara transparan penerimaan mahasiswa baru secara terbuka dengan hasil yang Dapat diakses melalui akun yang telah disediakan, jelas Rektor. (Rls)