Wagubri Himbau Seluruh OPD dan BUMD di Lingkungan Pemprov Riau Untuk Berzakat

0
248
wagubri saat memberikan Sambutan
wagubri saat memberikan Sambutan


laporan : Sarwan Kelana

PEKANBARU (HPC)- Terkait masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintahan Provinsi Riau yang belum membayar zakat dan belum mengindahkan Intruksi Gubernur Riau  Nomor 1 tahun 2019, Tentang pengumpulan Zakat Penghasilan (Profesi) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution, ketika di wawancarai di sela acara Rapat Koordinasi UPZ Baznas di Lingkungan Pemeritnahan Provinsi Riau menjelaskan dirinya bersama Gubernur selalu mengajak dan menghimbau kepada seluruh stap dan OPD serta BUMD yang ada di bawah kepemimpinannya untuk berzakat.

“Ya itulah sebabnya kita berharap dengan kebijakan ini kami sebagai orang yang ditunjuk sebagai pemimpin di Negeri ini Provinsi Riau bersepakat untuk mengajak seluruh yang ada di bawah pengaruh kami untuk menjalankan intruksi kami ini dengan baik. Sebagaimana yang telah saya sampakai tadi zakat inikan adalah kewajiban , jadi bukan hanya sekedar kita menghimbau untuk membayar zakat , tapi kami juga ingin melakukan sesuatu yang mnejadi tangghung jawab kami.” Kata Wagubri Kamis (11/04/2019)

Ketika di singgung apa ketegasan Pemerintah terkait masih adanya OPD dan BUMD yang belum membayar Zakat dan menjalankan intruksi Gubernur, Edy mengatakan pihaknya akan selalu memberi himbauan agar semuanya dapat memahami tentang pentingnya berzakat.

Wagubri Foto Bersama dengan Pimpinan Baznar Riau

“ Ya kalau ternyata masih ada OPD atau BUMD yang belum menjalankan Intruksi dari Kita maka kita akan selalu menghimbau, dan kelihatannya mereka semua setelah diberikan penjelasan pemahaman tentang zakat, mereka mempunyai pemahaman yang baik harapan kita begitu sehingga bisa meningkat. Kalau surat Edaran Intruksi Presiden itu sudah ada, jauh sebelum kita mengajak ini sudah ada Intruksi Presiden Praturan-Praturan tentang Zakat ini pun sudah ada.” Ujarnya.

Terakhir orang nomor dua di Provinsi Riau itu berharap agar dapat memberdayakan pengumpulan zakat melalu Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada di OPD san BUMD masing -Masing sehingga dapat membantu Masyarakat yang tidak mampu.

“ Harapnya adalah dengan ini kita berdayakan kita juga bisa nanti mengumpulkan zakat sekian banyak, harapan kita juga bisa membantu saudara saudara kita atau Masyarakat yang tidak memiliki kemampuan itulah kehidupan dalam Islam itu diatur sedemikian mungkin, makanya mari Kita Berzakat.” Tutu Edy. (sk)