PEKANBARU (HPC)  – Seluruh Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau periode 2018-2019 telah resmi dilantik pada Jumat (11/5) sore. Pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau ini mengusung tema “Melalui Pelantikan BEM UIN Suska Kita Wujudkan Mahasiswa yang Sadar akan Pentingnya Berorganisasi Untuk Menyongsong UIN Suska Riau Menuju World Class University”. Adapun Ketua BEM UIN Suska Riau adalah Yudi Utama T, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (2013) dan Wakil Ketua BEM UIN Suska Riau adalah Ulul Azmi, mahassiwa Fakultas Sains dan Teknologi (2014).

Sekitar 200 orang pengurus BEM UIN Suska yang dilantik berasal dari seluruh fakultas yang ada di UIN Suska Riau, mulai dari semester dua hingga delapan. Dengan diawali pembacaan sumpah dan ikrar dari Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A., kepada Ketua dan Wakil Ketua BEM UIN Suska Riau terpilih. Kemudian dilanjutkan dengan dilantiknya pengurus BEM UIN Suska Riau oleh Ketua BEM UIN Suska Riau, Yudi.

Ketua BEM UIN Suska Riau, Yudi usai dilantik mengatakan prosesi pelantikan BEM UIN Suska Riau sedikit berbeda dengan biasanya.

“Alhamdulillah, saya dan Jajaran kepengurusan BEM UIN Suska Riau sudah dilantik langsung oleh Rektor, dan dalam pelantikan ini sangat kental dengan adat melayu. Mulai dari penyambutan dengan kompang, pelemparan beras kunyit, hingga berbalas pantun. Dan kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan segala pihak, semoga amanah yang diberikan dapat kami emban semaksimal mungkin,” ungkapnya didampingi Wakil Ketua BEM UIN Ulul Azmi.

Turut hadir beberapa perwakilan, seperti Lembaga Adat Melayu Riau Anton Surya Atmaja; Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Suska Riau Eko Wibowo, Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Riau Drs.Masrul Kasmi,M.Si, Kasubdit Polda Riau AKBP Bidalmi, Dinas Lingkungan Hidup Riau, Dinas Sosial Provinsi riau yang diwakili oleh Kasi Pendampingan dan Pemberdayaan Bidang Fakir Miskin Wiratno, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau yang diwakili Kasubag Umum Khairul Anwar, Kapolsek Tampan Rudi Tababam, Kabiro AUPK UIN Suska, Kabiro AAPK UIN Suska, dan seluruh perwakilan lembaga mahasiswa se-UIN Suska Riau.

Yudi menambahkan dan mengharapkan dengan nama kabinet baru, seluruh pengurus BEM UIN Suska tidak boleh berhenti berjuang dan setiap gerakan harus selalu mengharapkan ridho Allah.

“Kabinet Langit Juang merupakan nama kabinet dari BEM UIN Suska periode 2018-2019, jadi saya mengharapkan dengan kabinet baru ini, semangat mahasiswa tidak boleh padam kapan pun dan dimana pun,” ucapnya bersemangat.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA juga turut memberikan tahniah dan berpesan kepada pengurus BEM UIN Suska Riau yang sudah melakukan pengambilan sumpah jabatan dan dilantik.

“Saya ucapkan selamat bertugas, jadikanlah organisasi kampus jadi ujung tombak dalam menjalankan program kemahasiswaan, kreatif, inovatif, menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam, serta jalin kemitraan organisasi kampus lainnya dengan baik dan benar,” ungkap Rektor.

Senada dengan Rektor, Ketum dan Sekum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Suska Riau Drs. H. Tarmizi Tohor, MA dan Khairuddin Al-Young Riau, S.HI, M.Ag, dalam sambutan yang dibacakan oleh Eko Wibowo, S.Pd.I juga memberikan apresiasi terhadap gerakan organisasi kampus saat ini.

“Kami dari Pengurus Pusat IKA UIN Suska Riau mengucapkan tahniah dan selamat bertugas buat adik-adik Pengurus BEM UIN Suska Riau yang baru dilantik oleh Rektor, semoga amanah dan sukses dalam menjalankan roda organisasi untuk 1 tahun periode ke depan. Dari alumni kami juga siap bermitra dan menyokong apa yang mesti kita perbuat, seperti membuat Pokja Panitia Bersama dan lainnya, tentunya dengan kebersamaan kita bisa berbuat baik untuk kampus maupun di luar kampus,” ungkapnya mengakhiri.(rls)