Bupati H.M Adil Hadiri APBD Award dan Rakornas Keuangan Daerah Tahun 2023

0
192

JAKARTA (HALUANPOS.COM)- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri APBD Award dan Rakornas Keuangan Daerah tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, Bertempat di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, dengan tingkat realisasi APBD tertinggi dan peningkatan kapasitas pengelolaan Keuangan Daerah (Keuda).

Dalam sambutannya, Dirjen Bina Keuangan Daerah A. Fatoni, mengatakan bahwa dalam menentukan para peraih penghargaan APBD Award 2023 terlebih dahulu pihaknya melakukan penilaian. Dimana dalam prosedur penilaian tersebut didasarkan dari perhitungan melalui laporan realisasi anggaran (LRA).

“Kemudian dari LRA dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan hari ini. Berbagai upaya dilakukan dalam percepatan realisasi APBD. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang cukup baik,” ucapnya.

MENARIK DIBACA:  Pemuda Peduli Anak Gelar Sosialisasi, Sekda : Kita Harus Jaga Betul Generasi Muda kita

Pada kesempatan itu dia juga memastikan Kemendagri akan terus mendorong percepatan realisasi APBD dengan melibatkan kementrian dan lembaga untuk melakukan monitoring dan evaluasi ke depannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dan trofi olen jajaran Kemendagri kepada Gubernur, Bupati dan Walikota terpilih.

Adapun kota, kabupaten dan provinsi terpilih yaitu pada tingkat Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi diraih oleh Kota Samarinda, Kabupaten Bojonegoro dan Provinsi Kaltim. Kemudian untuk Realisasi Belanja Daerah tertinggi diraih oleh Kota Pekanbaru, Kabupaten Aceh Tamiang, dan Provinsi Lampung. Sedangkan untuk Realisasi Peningkatan PAD tertinggi saat ini diraih oleh Kota Palangka Raya, Kabupaten Waropeng, dan Provinsi Kalimantan Utara.

MENARIK DIBACA:  Ketua Komisi I DPRD Edi Mashudi Hadiri Pelantikan Hipma KPM Pekanbaru Periode 2017-2019

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Jajaran Kemendagri, Kepala Direksi Perbankan, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota se- Indonesia dan undangan lainnya. (Prokopim)