DPRD Riau Setujui LKPJ 2018 dan LKPJ AMJ Kepala Daerah dengan Rekomendasi

0
31

PEKANBARU (HPC) – DPRD Riau menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2018 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ).

Persetujuan diiringi dengan rekomendasi yang disampaikan dalam Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun 2018 dan LKPJ AMJ dan Sambutan Kepala Daerah, Senin (25/03).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo didampingi oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati dan Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu.

Pihak Pemprov dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. Turut hadir Anggota DPRD Riau, Forkopimda, Kepala OPD dan para undangan.

Sebelum pengesahan Ketua Pansus, Karmila Sari membacakan hasil kerjanya. Dimana ada beberapa rekomendasi yang disampaikan, diantaranya meminta ditertibkannya pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, efisiensi, efektif, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Infrastruktur jembatan yang dibangun oleh Pemprov yang ada di ruas jalan Kabupaten/Kota, biaya perawatannya dapat dianggarkan oleh Kabupaten/Kota.

Kemudian mengenai ketergantungan anggaran dari Pemerintah Pusat, Pemprov harus lebih jeli dalam peningkatan potensi PAD yang ada.

Selanjutnya diminta dalam penyusunan APBD harus lebih bijak dengan mempertimbangkan kejadian tunda bayar dan DBH yang ada, sehingga program kegiatan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dalam satu tahun anggaran.

Rekomendasi selanjutnya, Pemprov diminta untuk selalu melakukan koordinasi dengan Pusat guna menghindari tunda bayar atau upaya agar segera terealisasi kelangsungan program pembangunan di Riau.  Selain itu, inventarisir kegiatan-kegiatan tahun 2018 yang tidak bisa dilaksanakan, terutama yang prioritas untuk bisa dilaksanakan di tahun 2019.

Selanjutnya, DPRD juga merekomendasikan agar Perkebunan dapat berdiri sendiri jadi Dinas, tidak seperti saat ini yang hanya dikelola oleh sebuah Bidang.

Setelah rekomendasi yang disampaikan Pansus, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution menyampaikan sambutan Kepala Daerah. Pada intinya, Wagub menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kinerja yang ditunjukkan Pansus.

“Apa yang jadi rekom atau saran akan dijadikan bahasan nantinya untuk mewujudkan pembangunan yang baik di masa akan datang,” ujar Wagub.

Kemudian Wagub juga berharap bagaimana kerjasama yang baik selama ini antara DPRD Riau dan Pemprov dapat terus terjalin dengan baik.

“Laporan ini juga merupakan arah pembangunan daerah, tugas umum pemerintahan dan lain sebagainya,” sebut mantan Danrem ini. (spr)