MERANTI (HPC) – Program pemerintah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), akses air minum untuk masyarakat di Desa Penyagun Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2017 ini dikerjakan hampir mencapai 90 persen.

Tidak mau desa yang dipersalahkan dalam keadaan memilukan menjalankan program pemerintah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tersebut,

“Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat memang sangat kita harapkan, untuk itu saya berharap pamsimas pada tahun 2018 dapat di gunakan dengan baik dan dimanfaat oleh masyarakat desa penyagun,” kata Muhammad Nur kepala desa penyagun kepada Media.

Pembangunan melalui Rakornas Program Pamsimas III ini yang merupakan kelanjutan program Pamsimas II yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di desa terpencil khususnya desa penyagun berjalan dengan baik.

“Maka dari itu kita dari pemerintah desa tetap optimis agar dapat mencapai target air minum dan perlu bekerja keras meskipun dana baru 40 persen dicairkan, kita memberanikan diri kesana kesini mencari pinjaman uang tambahan untuk menyiapkan material 100 persen agar pengerjaan mencapai target sanitasi,” ujar dia.

Kemudian Hal itu dilakukan semata-mata ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, “Alhamdulillah saat ini pekerjaan sudah hampir 90 persen,” tutup Kepala Desa Penyagun.

Laporan: Drm