Hasil Produksi Panen Meningkat, Petani Pematang Sikek Gelar Acara Syukuran

0
451
Petani Ikut Selenggarakan Syukuran Hasil Panen di Kepenghulan Pematang Sikek
Petani Ikut Selenggarakan Syukuran Hasil Panen di Kepenghulan Pematang Sikek
Petani Ikut Selenggarakan Syukuran Hasil Panen di Kepenghulan Pematang Sikek
Petani Ikut Selenggarakan Syukuran Hasil Panen di Kepenghulan Pematang Sikek

Rimba Melintang (HPC)– Seluruh kelompok tani yang ada di Kepenghuluan Pematang Sikek menggelar acara syukuran atas keberhasilannya dalam limpahan produksi hasil panen pada tahun ini. acara dilaksanakan di hamparan sawah di Kepenguluan Pematang Sikek.

Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan produksi pada musim tanam saat ini yang sangat signifikan, yakni sebelumnya hanya tembus 5.5 ton. Sedangkan, pada tahun ini tembus mencapai 8 ton gabah di Kepenghuluan Pematang Sikek.

Penyuluh Pertanian Lapangan, Tomiri mengatakan peningkatan produksi petani tahun ini karena adanya kekompakkan kelompok tani dalam memulai penanaman hingga panen sehingga terjadinya peningkatan hasil produksi panen yang signifikan.

” Dengan adanya peningkatan produksi padi pada musim ini dikarenakan kekompakkan petani dalam memulai penanaman hingga panen dan didukung oleh kecukupan air sebagai faktor utama,” kata Tomiri kepada Haluanpos.com, Rabu (6/4/2016).

MENARIK DIBACA:  Usai Dilantik, Lurah Minta RT/RW dan LPM Beri Pelayan Terbaik

Lebih lanjut dikatakan Tomiri, Dibanding tahun lalu produksi naik 30 persen dari sebelumnya, sekarang bisa tembus 8 ton perhektar, ini merupakan suatu produksi yang patut disyukuri. Makanya kita laksanakan acara upacara syukuran panen padi dan doa bersama dalam langkah melakukan penanaman berikutnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas pertanian dan Peternakan Rokan Hilir dalam hal ini diwakili Kabid Produksi Rahmad.SP. dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya akan selalu mendukung kegiatan penanaman serentak yang dilakukan kelompok tani Kepenghuluan Pematang Sikek.

“Dinas akan memfasilitasi kegiatan tanam jajar legowo dengan bantuan bibit dan alat caplak sebagai apresiasi pemerintah terhadap petani,” paparnya.

Dalam cara ini terlihat hadir Dinas Pertanian dan Peternakan Rokan Hilir, BKP Rokan Hilir, Camat Rimba Melintang, Danramil dan Polsek Rimba Melintang serta seluruh petani di Kepenghuluan Pematang Sikek.

MENARIK DIBACA:  Dugaan Korupsi Cetak Sawah di Distan, Kajari Pelalawan Terus Panggil Sejumlah Pihak Terkait

Acara berlangsung sangat meriah dengan pembukaan dilakukan pemotongan kue tumpeng dan makan bersama di hamparan sawah petani Kepenghulan Pematang Sikek. (her)