Kebiasaan Salah Dilakukan Masyarakat Saat Menyaksikan Gerhana Matahari atau Bulan

0
272
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

PEKANBARU (HPC) – Banyak sekali kita melihat masyarakat di desa atau kampung melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan salah dalam ajaran Islam saat menyaksikan Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan.

Hal- hal yang salah yang sering dilakukan oleh orang-orang tua terdahulu saat menyaksikan gerhana matahari atau gerhana bulan menjadi budaya bagi masyarakat tertentu dan turun temurun.

Kesalahan nenek moyang yang tidak sesuai dengan tuntunan Islam ini perlu kita benahi secara bersama-sama, agar anak cucu kita kemudian tidak melakukan hal-hal yang salah lagi saat menyaksikan gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Kebiasaan salah yang sering dilakukan oleh nenek moyang terdahulu seperti menabuh beduk sekuat-kuatnya, memukul bahan-bahan yang terbuat dari besi, seng dan sejenisnya sambil berlari-lari dan berteriak. Kebiasaan ini yang harus kita benah agar kejadian itu tidak terulang lagi digenerasi berikutnya.

MENARIK DIBACA:  Warga Bantan Dimeriahi Seniman Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau Caleg DPRD Riau 

Sebaiknya hal harus dilakukan saat menyaksikan gerhana matahari atau bulan adalah memperbanyak berzikir, beristighfar, sholat sunnat gerhana secara berjamaah, berkhutbah, dan wanita juga boleh melakukan sholat sunnat gerhana. (her)

BAGIKAN
Berita sebelumya
Berita berikutnyaFor Man : Menjaga Perut Agar Tidak Buncit