Luar Biasa Pelatihan Jurnalistik di Rohil Hadirkan Lima Pemateri

0
84

ROKANHILIR (HPC) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar pelatihan Jurnalistik Generasi Milenial dengan menggandeng Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC).

Pelatihan ini digelar sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang ini diikuti kalangan pelajar, mahasiswa dan aktifis mudadi Hotel Rasa Sayang, Kota Bagansiapiapi, Kamis (20/02/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Rohil H Suyatno yang diwakili oleh Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri. Turut hadir Kepala DLH Rohil, Suwandi, Kepala Diskominfo Rohil Hermanto, dan Kadis PU Rohil.

Asisten II Pemkab Rohil Rahmatul Zamri berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik ini akan muncul wartawan-wartawan muda dan profesional.

“Wartawan dan pemerintah harus bersinergi, fungsi pers sangat penting selain kontrol sosial juga sebagai penyebarluasan informasi tetantang pembangunan daerah,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Surya Arfan : Saya Hanya Bertugas dipekanbaru, Hati saya Masih di Rokan Hilir

Sementara itu Kepala DLH Rohil, Suwandi menambahkan, pihaknya menyambut baik pelatihan jurnalistik tersebut terutama nantinya kalangan milenial pers bisa mengedukasi dan menambah wawasan lingkungan terhadap pembaca.

Ketua pelaksana Rahmad Sutiono juga sebagai Direktur PJC Cabang Rohil berterima kasih atas dukungan Pemkab Rohil, DLH dan semua pihak yang telah membantu dan menyukseskan pelatihan jurnalistik tersebut.

Hadirkan Lima Pemateri

Tak tanggung-tanggung, pelatihan Jurnalistik Generasi Milenial ini menghadirkan lima pemateri. Tak ayal lagi terjadi dialog hangat dan puluhan peserta sangat antusias dengan terus melontarkan pertanyaan di sepanjang pelatihan yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB tersebut.

Pemateri Utama Utama PJC, Drs Wahyudi El Panggabean MH banyak menuangkan ilmunya kepada peserta tentang dunia jurnalistik hingga berbagai strategi perburuan informasi.

MENARIK DIBACA:  Penghulu Bangko Lestari Bersama Humas Perusahaan Beri Bantuan Kepada Selamet

Selanjutnya, DR Yudi Krismen S.H, M.H menyampaikan tentang UU ITE dan Hukum Pers. Lalu Pemimpin Redaksi media siber monitrriau.com Cipto Setyawan menyampaikan materi menulis berita dengan cepat, tepat dan santun.

Pemateri keempat adalah Asmanidar H Zainal S.H yang merupakan Direktur Pendidikan PJC yang menyampaikan tentang tekhnik wawancara. Yang terakhir ditutup oleh Direktur PJC Cabang Dumai, Ganda Jaya Siregar dengan materi tentang media online.

Wahyudi Juga Berharap Dengan adanya pelatihan ini, generasi milenial dapat termotivasi dan punya keberanian untuk menulis hingga terjun ke dunia jurnalistik.

“Melalui pelatihan ini diharapkan generasi milenial dapat termotivasi mengembangkan karier jurnalistik,” jelasnya.

Acara ditutup dengan foto bersama. Sebelumnya peserta pelatihan diberikan buku karangan Drs Wahyudi El Panggabean MH dengan judul “Wartawan Berani, Beretika”. (RED/rls)

MENARIK DIBACA:  Wakil Bupati Hadiri Rapat Forkopinda Diriau, Antisipasi Kamtibmas Jelang Pelantikan Presiden