Pawai Budaya Pekan Budaya Nasional 2019 Menuju Warisan Dunia, Provinsi Riau Tampilkan Istana Siak dan Candi Muara Takus

0
158

Jakarta(HPC)-Provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang merupakan peserta Pekan Kebudayaan Nasional yang resmi dibuka pada Senin malam, 7 Oktober 2019 di Istora Senayan Jakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Muhadjir Effendy, dengan mengusung tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” selalu aktif menyuguhkan berbagai ragam pertunjukan berbasis budaya, mulai dari pameran, konferensi, perlombaan permainan tradisi tradisional hingga pawai budaya yang diikuti seniman, pelajar, budayawan dengan berpakaian khas Melayu Riau.

Dimana rombongan dari Provinsi Riau yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen serta tim pawai melaksanakan pawai budaya dengan mengusung tema “Riau Menuju Warisan Dunia” menampilkan mobil hias Istana Siak dan Candi Muara Takus yang diiringi musik lagu Lancang Kuning dan Randai Kuantan.

MENARIK DIBACA:  Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi Terima Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Presiden

Pada kegiatan pawai budaya dari 26 Provinsi se-Indonesia yang dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Muhadjir Effendy, Minggu Malam(13/10/19) mendapat sambutan hangat dari kalangan masyarakat Jakarta dan Provinsi lainnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Muhadjir Effendy, dalam sambutannya menjelaskan, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan salah satu amanat dari Kongres Kebudayaan Indonesia, yakni menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya yang mendorong keragaman interaksi antarbudaya di Indonesia. Acara ini dimulai sejak 7 Oktober sampai 13 Oktober 2019 dan menghadirkan lima kegiatan utama, yakni Pagelaran, Pameran, Konferensi, Kompetisi, perlombaan permainan tradisi hingga pawai budaya Pawai Budaya. Kegiatan yang baru pertama kalinya hadir di Indonesia ini melibatkan kurang lebih 58 sanggar/komunitas, 31 seniman/musisi Tanah Air dan 3.500 peserta pawai budaya dari 26 Provinsi. Maka dari itu, kita sebagai anak bangsa saling memahami, menghormati nilai-nilai budaya kita,” ungkap Muhadjir Effendy.

MENARIK DIBACA:  Bupati Irwan Nasir dan 2 Kadis Kunjungi Koran Sindo

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen menambahkan, Kita dari Provinsi Riau yang mengusung tema pawai budaya” Menuju Warisan Dunia” tentunya kita ingin memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Provinsi Riau memiliki kekayaan dan sejarah kebudayaan yang sangat luar biasa,” ungkap Yoserizal Zen

Selain mengikuti pawai budaya pada acara Pekan Kebudayaan Nasional yang ditaja oleh Kemendikbud RI, kita juga aktif mengikuti rangkaian acara lainnya, seperti mengikuti koperensi, Pameran, perlombaan permainan rakyat tradisi. Bahwakan yang paling membanggakan adalah Provinsi Riau bisa meraih juara III Tingkat Nasional pada permainan rakyat tradisi dan mendapatkan bintang penghargaan dari Presiden RI melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diberikan kepada Alm Tennas Effendi dengan nama penghargaan Bintang Maha Putera Naraya. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dari Provinsi Riau yang telah memberikan dukungannya,” ungkap Yoserizal Zen. (Yusuf)

MENARIK DIBACA:  LKPJ APBK 2016 Kabupaten Aceh Timur Disetujui