Puluhan Jemaah Hadiri Salat Jumat Perdana di Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani

0
40

PEKANBARU (HALUANPOS.COM) – Ada puluhan jemaah mengikuti salat Jumat untuk pertama kali di Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani Kota Pekanbaru. Kebanyakan para jemaah merupakan warga Muhammadiyah di lingkungan kelurahan tuah madani.

Ada juga sejumlah masyarakat RT 02 RW 07 yang berkesempatan untuk salat Jumat perdana di masjid tersebut. Rektor Umri, Dr Saidul Amin MA menjadi khatib dalam salat Jumat perdana di masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani Pekanbaru

Ketua Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani H Yuslim menyebut, masjid ini mulai berfungsi setelah di resmikan oleh Pj Gubernur Riau SF Haryanto pada Selasa lalu.

“Alhamdulillah tadi ramai, antusias para warga Muhammadiyah dan masyarakat yang ikut salat,” ujarnya.

MENARIK DIBACA:  Reses Wan Agusti Di Kelurahan Limbungan Baru: Warga Keluhkan Masalah Air Bersih dan Banjir

Menurutnya, keberadaan masjid ini juga menambah semangat imam dan jemaah di lingkungan RT 02 tuah madani. Di sana sudah ada imam dan pengurus masjid sehingga aktivitas salat lima waktu bisa dilakukan. “InsyaAllah nanti akan didatangi masyarakat ramai,” jelasnya.

Sementara itu, Dr Saidul Amin MA yang bertindak sebagai Khatib Jum’at menyebutkan bahwa shalat Jumat merupakan bagian dari penyempurnaan dari ibadah shalat lima waktu. Selain itu juga disampaikan nya fungsi Masjid bukan hanya untuk tempat beribadah yakni ibadah Sholat saja, fungsi Masjid juga sebagai tempat kegiatan proses belajar mengajar dalam memperdalam ilmu agama serta kegiatan keagamaan lainnya.

“Masjid juga dapat diartikan sebagai pusat kegiatan keagamaan, saya mengajak seluruh masyarakat sekitar untuk memakmurkan masjid serta merawat kebersihan dan keindahannya ” ujarnya. Rls

MENARIK DIBACA:  Gubernur Riau Menyambut Baik Kegiatan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Melayu Komunitas Adat Terpencil