Satlantas Polres Meranti Ajak Siswa SMA Negeri 3 Jadilah Pelopor berlalulintas

0
80

MERANTI (HPC)- Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Kepulauan Meranti, AKP Teguh Wiyono dalam sosialisasi tertib berlalu lintas di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Selatpanjang, Kamis (15/8/2019).

“Kita fokus memberikan pemahaman tentang etika keselamatan berlalulintas dan kecelakaan lalulintas,” kata AKP Teguh.

Melalui program Police go to Scool, Satlantas Polres Meranti konsisten dalam upayanya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Salah satu upayanya adalah dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Dengan menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini, maka disiplin berlalu lintas akan tercipta dengan sendirinya. Untuk itu, mereka terus bekerja secara maraton dalam menanamkan tertib berlalu lintas kepada para pelajar dari satu sekolah ke sekolah yang lain.

MENARIK DIBACA:  Pulang dari Mesjid Kampus UR Pekanbaru, Remaja Perempuan ini Diculik dan Diperkosa 3 Pria

Terkini, sekolah yang baru saja mendapat sosialisasi dan pelatihan keselamatan berkendara adalah pelajar dari tingkat SMP hingga SMA di Kota Selatpanjang, salah satunya SMA Negeri 3 saat sosialisasi berlangsung seluruh siswa pun tampak aktif mengikuti sosialisasi dan pelatihan keselamatan berkendara ini.

AKP Teguh menjelaskan, pihaknya selalu intens melakukan sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah lain. Baik itu di tingkat SMP Swasta, Negeri maupun SMA sederajat. “Setelah ini masih ada beberapa sekolah lagi yang akan kami kunjungi dalam rangka menanamkan cara tertib berlalu lintas sejak usia dini,” ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain tentang peraturan lalu lintas dan upaya tertib berlalu lintas yang baik dan benar, seperti berkendara yang benar dengan memakai helm SNI dan sampai klick, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM, serta lain sebagainya.

MENARIK DIBACA:  IPSI Provinsi Akan Laksanakan Musprov IPSI di Meranti, Zulher: Kita Akan Adakan Piala Bupati Meranti di Kota Sagu

“Tata cara dan sopan santun dalam berlalu lintas adalah materi utama yang kami sampaikan. Ini penting karena untuk keselamatan. Selain itu kami berikan juga simulasi menggunakan helm yang benar untuk siswa,” terangnya.

Selanjutnya, melalui sosialisai ini, pelajar dan masyarakat diharapkan dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalu lintas dengan benar. “Harapan saya, dengan sosialisasi ini seluruh siswa dan masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya tertib berkendara sehingga kecelakaan akibat pelanggaran lalu lintas berkurang. Sebab kecelakaan selalu didahului oleh adanya pelanggaran,” ungkapnya.(win/rls*)