Peserta Foto bersama dengan Pemateri

PEKANBARU (HPC) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru melalui bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) hari ini taja diklat jurnalistik tingkat dasar di gedung Pusgit HMI Jalan Melayu.

Dalam kegiatan ini mengambil tema “Menjadi Jurnalis yang Berkompeten dan Bertanggung Jawab” seminar ini diikuti oleh puluhan kader dari HMI Komisariat selingkungan cabang Pekanbaru. Rencananya pelatihan ini akan diadakan selama dua hari dan akan berakhir pada esok hari.

Pemateri pertama dalam pelatihan ini langsung di isi oleh kanda Sarwan Kelana  sebagai pemateri pertama berhasil menjurus para peserta, sehingga minat para calon Jurnalistik (peserta diklat) semakin kuat dalam dunia kejurnalistikan.

“Jika kita bisa menguasai 5w+1H ini,maka kita sudah bisa membuat berita.ditambah dengan keinginan kita untuk belajar selalu. ” kata Sarwan kelana.

Pimpinan Redaksi haluanpos.com ini  menyarankan kepada panitia diklat agar para peserta diarahkan terjun langsung ke lapangan sehingga wawasan peserta semakin berkembang.

Sarwan Kelana saat Menyampaikan Materi
Sarwan Kelana saat Menyampaikan Materi

Sarwan Kelana  ini tak hentinya mengoarkan motivasi dan mencurahkan ilmunya kepada para peserta diklat. Ia juga mengimingkan peserta untuk magang di HaluanPos jika peserta memang berkompeten dan bisa bertanggungjawab serta memiliki minat yang kuat mengembangkan ilmu jurnalistiknya.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini kader HMI memiliki kemampuan dasar Jurnalistik dan bisa menjadi jurnalis yang bertanggung jawab sesuai dengan tujuan HMI” kata Kepala Bidang KPP HMI Cabang Pekanbaru Wahyudi Ilfahman ketika di wawancarai, Sabtu (10/3/2018)

Menurutnya. Dalam waktu dekat ini HMI Cabang Pekanbaru tengah bersiap untuk membuat salah satu lembaga Kekaryaan. Yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI). Untuk itu harapannya para peserta diklat agar mengikuti pelatihan dengan serius dan dapat menjadi pengurus pertama LAPMI HMI Cabang Pekanbaru.

Sekedar informasi. Bahwasanya di HMI sendiri terdapat Lembaga pengembangan profesi sebagai wadah pengembangan diri kader HMI. Dan untuk saat ini HMI Cabang Pekanbaru belum memiliki satupun lembaga pengembangan profesi.

“Berangkat dari kenyataan itu HMI Cabang pekanbaru dibawah kepemimpinan Wendy Fitra berkomitmen menciptakan wadah pengembangan profesi di HMI Cabang Pekanbaru” tandas Haldi Yunian Ryaldi selaku ketua panitia. (M. Fauzi/ Siti R)