​Hampir Seratus Desa Warga di Aceh Timur Sulit Mengkonsumsi Air Bersih

0
691
Ilustrasi
Ilustrasi

ACEHTIMUR(HPC) – Terkait sulitnya mengkonsumsi air bersih, Warga Gampong Jawa dan sekitarnya, mintak Pemerintah Salurkan Mobil Tangki air bersih kesetiap Desa Di Kecamatan  Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur yang sanggat membutuhkan air tersebut.

“kami selama 12 tahun Sulit mendapatkan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).  Saat ini untuk mengkonsumsi air bersih kami warga miskin harus membeli air,  dengan biaya perhari Rp.10 hingga Rp.20 Ribu rupiah. Hal itu sanggat membuat kami menderita sebagai rakyat kecil.”Ujar Salwa Warga Setempat Kepada Halauanpos.com Minggu, (23/07/17).

Amatan Haluanpos.com dilokasi,  Melihat hampir semua Warga di Desa gampong jawa Kecamatan idi Rayeuk, sulit mendapatkan air bersih dar Pemerintah,  selain itu warga juga tidak bisa mengkonsumsi air dari sumur pribadi maupun sumur umum. 

MENARIK DIBACA:  Kwarcab Lantik Pengurus Kwaran Pulau Merbau

Pasalnya air yang di hasilkan dari sumur tersebut sebagiannya kuning dan rasanya juga seperti air laut, (Asin). Hal itu sanggat tidak layak untuk di  konsumsi. 

selain Desa Gampong Jawa,  masih banyak desa lain di 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur yang masih membutuhkan Air bersih,  seperti di desa yang berada di pesisir pantai. 

Warga berharap agar pemerintah bisa menyalurkan air bersih dengan mengunakan mobil tangki, tak harus tiap hari seminggu dua kali juga sudah sanggat mencukupi. 

Laporan :Ilham Zulfikar