Bermodal Koran Bekas Dan keahlian Warga Binaan Rutan Idi Produksi Lukisan Timbul

0
2737
Kalapas Pantau Langsung Kerajinan Lukisan Timbul Di rutan Idi
Kalapas Pantau Langsung Kerajinan Lukisan Timbul Di rutan Idi
Kalapas Pantau Langsung Kerajinan Lukisan Timbul Di rutan Idi
Kalapas Pantau Langsung Kerajinan Lukisan Timbul Dirutan Idi

Laporan:Ilham Zulfikar 

ACEHTIMUR(HPC)-Sambil menunggu waktunya berbuka puasa,Warga Binaan Rutan Idi,  Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa( 12/06/17). Disibukan dengan membuat Suatu karya seni yang bernilai Jual tinggi.

Karya seni yang diciptakan warga binaan itu berupa sebuah lukisan timbul yang dibuat dari koran bekas, Cara buatnnya juga sanggat mudah, cukup Menyediakan Koran Bekas, Air, Semen Putih, Cat, Tepung Kanji Serta, Lem Fox (Lem Kayu).

“ Karya seni lukisan timbul itu berawal dari ide kalapas dalam menciptakan suatu kegiatan yang tidak berbahaya bagi warga binaan, selain itu kalapas juga turut langsung mengajarkan para warga binaan untuk belajar membuat lukisan tersebut.” Terang sabirin salah satu warga binaan Kepada haluanpos.com

MENARIK DIBACA:  Kejari Asel Tolak Berkas Perkara Dugaan Perambahan Hutan Lindung di Aceh Selatan.

Lukisan yang hampir selasai dikerjakan itu, Modifnya berbeda beda, ada gambar bungga, ikan serta gambar lainnya.

Hail Karya Warga Binan DiRutan Idi
Hail Karya Warga Binan DiRutan Idi

Kalapas Rutan Idi Aceh Timur, Irdiansyah Rana, keterampilan hasil karya seni yang di buat oleh para warga binaan itu merupakan sebuah Kreatifitas yang harus dimiliki oleh warga Binaan lainnya, karena Karya –karya para warga binaan di rutan ini bisa bersaing dengan hasil karya di luar sana.

“ Karen bahannya mudah, saya turut mengajarkan warga binaan untuk mencoba membuat lukisan dari bahan daur ulang, seperti koran bekas, selain itu proses pembuatannya juga tidak berbahaya, saat ini baru ada Lima hasil karya lukisan timbul yang sudah hampir selesai dibuat. Hasilnya lumayan, bisa bersaing ditingkat nasional.” Ungkap Kalapas

MENARIK DIBACA:  DPC Partai Hanura Rohil Santuni Puluhan Anak Yatim

Pantauan Haluanpos.com, melihat Para warga binaan dirutan itu sebagiannya sanggat sibuk, melakukan aksifitas pembuatan lukisan timbul, mereka sebaginnya merendam koran-koran bekas, mempersiapkan Suatu bahan yang butuhkan saat membuat lukisan tersebut, saat ini baru ada lima lukisan yang telah selesai,selanjutnya akan diperbanyak, karena rencananya akan di pasarkan melalui event-event besar di tingkat, Kabupaten, Provinsi muapun Pusat.(Ham)