Grand Opening Pasar Digital Puti Maifat Berlangsung Meriah

0
179

ROKAN HULU (HPC) – Pasar digital Puti Maifat resmi dibuka pada minggu, 09 desember 2018. Pasar besutan kelompok sadar wisata (pokdarwis) The Caretaker tersebut berlokasi di jalan raya pasir pangaraian Desa Aliantan Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Lebih tepatnya pasar ini berada dihalaman rumah pembina pokdarwis sekaligus kepala desa Aliantan, Rois Zakaria, SE.

Grand opening pasar digital Puti Maifat turut dihadiri oleh staff kementrian pariwisata Republik Indonesia, Dinas pariwisara kabupaten Rokan Hulu, Genpi nasional, Genpi Riau, Genpi Rohul, Camat Kabun, Kapolsek, Koramil serta organisasi-organisasi kepariwisataan lainnya seperti MTMA Riau dan MTMA Rohul.Pasar digital puti maifat ini bertujuan untuk mengenalkan produk wisata yang ada di Desa Aliantan.

“Pasar digital Puti Maifat ini diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan kebudayaan khas Desa Aliantan sebagai produk wisata seperti wisata alam, sejarah, tarian, kuliner, dll. Hasil akhir dari adanya pasar digital Puti Maifat ini diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Aliantan”, ujar Azwir, anggota kelompok sadar wisata The Caretaker ketika diwawancarai haluanpos.com

Dalam pembukaan pasar digital ini turut menampilkan tarian khas desa Aliantan yaitu tarian Puti Maifat yang dalam pembawaannya hanya boleh ditarikan oleh anak-anak. Selain tarian khas, juga ditampilkan Lokah Gilo dan musik-musikan khas sebagai produk budaya desa Aliantan. Tidak lupa juga ditampilkan makanan dan minuman khas desa Aliantan seperti jekla dan panigham. Benda-benda bersejarah seperti gong, keris, cincin dan tusuk konde juga dipamerkan kepada pengunjung saat grand opening berlangsung.

Hal menarik dari pasar digital Puti Maifat menurut Azwir adalah sistem pembayarannya menggunakan uang khusus yang harus dibeli dari juragan pasar.

“Untuk bisa belanja dipasar digital puti maifat ini pengunjung harus menukarkan uang asli mereka dengan uang khusus kepada juragan pasar di bank Puti Maifat. Dengan uang khusus tersebutlah pengunjung baru bisa belanja berbagai makanan, minuman dan lain-lainnya di pasar digital Puti Maifat ini”, pungkasnya.

Pasar digital Puti Maifat ini merupakan pasar digital pertama yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Pasar ini dikelola langsung oleh kelompok sadar wisata The Caretaker yang juga mengelola wisata andalan samudera awan Suligi Hill desa Aliantan. Pasar ini nantinya akan diselenggarakan setiap hari sabtu dan minggu, sekaligus untuk menyambut pengunjung yang akan mendaki Suligi Hill/Bukit Suligi. Di pasar ini juga menjual berbagai souvenir seperti gantungan kunci dan kaos bertemakan Suligi Hill.

“Pasar ini rencananya akan terus diadakan terutama sekali akan kita buka pada sabtu dan minggu. Ini dimaksudkan juga untuk menyambut pengunjung-pengunjung yang akan mendaki Bukit Suligi. Jadi setelah mereka ke Suligi mereka bisa belanja di pasar digital Puti Maifat”, pungkas Azwir mengakhiri. (santi)